Agar Noda Tidak Mudah Menempel pada Pakaian Putih

By Dini Felicitas, Senin, 29 Mei 2017 | 03:30 WIB
Koleksi Stay-White dari Old Navy mampu mengusir noda akibat tumpahan minuman. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Setiap orang pasti memiliki setidaknya satu pakaian berwarna putih. Selain memberi kesan bersih dan mudah dipadupadankan dengan warna atau motif lain, pakaian warna putih juga pasti diperlukan untuk acara-acara tertentu. Entah untuk dresscode arisan, menjadi petugas penerima tamu, dan lain sebagainya.

Masalahnya, pakaian warna putih tentu membutuhkan perawatan tertentu. Sebab, warnanya yang terang membuat pakaian putih mudah terlihat kotor. Jangankan kena tumpahan kopi atau soda, kena debu atau kotoran saja sudah membuat penampilan kita jadi dekil. Belum lagi kalau kena percikan kuah soto atau kelunturan pakaian warna lain. Bikin nangis, dan jadi kesal sendiri kenapa kok enggak lebih berhati-hati.

Old Navy rupanya tertantang dengan pengalaman kebanyakan orang ini. Sehingga merek busana kasual dari San Francisco, California, ini meluncurkan koleksi Stay-White. Awalnya hanya menawarkan koleksi denim untuk wanita, tapi sekarang Stay-White ini juga memiliki berbagai pilihan lain seperti kemeja oxford untuk wanita, jaket denim untuk anak perempuan, juga kemeja dan celana panjang untuk pria maupun anak laki-laki.

Yang unik, koleksi Stay-White ini menggunakan teknologi yang dapat mengusir noda dan tumpahan cairan dengan sekali serap dan cuci.

"Pakaian putih biasanya memang rentan jadi kotor. Tapi teknologi mutakhir dari Old Navy yang stain free dan water repelant memungkinkan agar noda ini mudah dihilangkan. Kalau kita cipratkan cairan ke pakaian ini, cairannya akan turun, tidak meresap ke bahan, dan tidak meninggalkan noda. Tinggal dilap dengan tisu kering. Kalau nodanya masih ada, lap dengan tisu basah," ujar Mia Rachmi Mediarani, Senior Brand Manager Old Navy Indonesia, saat perayaan ulang tahun pertama Old Navy di Indonesia, di gedung AIA Central, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sejumlah cairan yang digunakan untuk menguji kemampuan bahan yang digunakan Old Navy untuk mengusir noda antara lain jus, teh, dan soda. "Untuk cairan yang lebih kental mungkin lebih sulit dibersihkan. Kecap bisa hilang, tapi kalau saus sambal pewarnaannya sangat kuat sehingga sulit dibersihkan. Harus dikucek lagi," tambahnya.

Mengelap cairan yang tumpah dengan tisu kering atau tisu basah tentunya hanya merupakan pertolongan pertama saja. Selanjutnya, pakaian tetap harus dicuci seperti biasa. Untuk mencuci koleksi Stay-White yang pada dasarnya terbuat dari campuran katun, poliester, dan spandex ini, sebaiknya Ibu membalik dulu pakaian ini (bagian dalamnya di luar). Setelah itu, jemur pakaian dengan menggantungnya.

Mia menegaskan, kemampuan Stay-White untuk mengusir noda dari sisa cairan tentunya tidak berlaku selamanya. Dalam beberapa ulasan yang Nakita temukan, Stay-White masih bisa diandalkan sebagai pakaian bebas noda dalam 20 kali mencuci.

Selain koleksi Stay-White, dalam kesempatan ini Old Navy juga meluncurkan koleksi Spring 2017 yang sangat colourful. Warna-warna cerah ini merupakan hasil paduan motif bunga, strip (neutical), renda, hingga bordir. Style yang disediakan antara lain klasik, romantik, playful, dan juga sporty.

Yang asyik, koleksinya tidak hanya ditujukan bagi kaum perempuan dan laki-laki, tetapi juga anak-anak, bahkan bayi. Pun, bukan hanya apparel, tetapi juga aksesori dari kepala hingga kaki, dari topi hingga pakaian dalam.

"Old Navy banyak memberikan terobosan baru di sini. Tren yang kami yakini akan hype adalah embroidery (bordir), ruffle, cutwork atau laser-cut, fleece (bulu), soft fleece yang hangat tapi ringan dipakai, juga koleksi wanita berupa harper pants yang bentuknya formal dan bisa untuk ke kantor, tapi enggak mudah lecek," kata Mia.

Ibu yang gemar berpakaian kembaran dengan si kecil juga bisa menemukan koleksi pakaian yang senada di sini. Tidak persis sama, namun dengan style yang sama sehingga bisa dikenakan pada momen yang sama.