3 Tip Merawat Bayi Selama Tiga Bulan Pertama

By Ida Rosdalina, Rabu, 31 Mei 2017 | 06:45 WIB
3 Tip Merawat Bayi Selama Tiga Bulan Pertama (Ida Rosdalina)

Nakita.id

Beberapa jam, hari-hari, pekan-pekan pertama dengan bayi Anda akan seimbang antara momen-momen yang menyenangkan dan menyeramkan. Calon orang tua tahu bayi-bayi memerlukan perawatan 24 jam, tapi tetap saja rasa terkejut itu muncul melihat apa yang dimaksud sesungguhnya. Ada misteri tentang bagaimana menenangkan tangisan tanpa henti makhluk kecil yang bahkan tidak bisa bicara. Apakah ia lapar? Apakah popoknya perlu diganti? Apakah ia hanya bermain-main dengan kita? Mengenal satu sama lain rasanya sangat luar biasa. Dalam tiga bulan pertama, sebuah perubahan dan pertumbuhan intens untuk bayi dan orang tua.

“Ini adalah konsep paling penting yang harus dipahami orang tua,” kata Harvey Karp, lektor jurusan pediatrik di University of Southern California dan pencipta buku-buku dan DVD-DVD. “Begitu Anda memahami hal itu, segalanya yang terjadi akan masuk akal dan tampak lebih bisa dikelola.”

Berikut 3 tipnya:

1. Menciptakan kehidupan di dalam kandungan

Harvey menjelaskan bahwa bayi manusia sebenarnya lahir beberapa bulan terlalu dini. Seorang bayi manusia tidak bisa mengangkat kepalanya selama empat minggu pertama atau lebih.

(Baca juga : Pola Tidur Bayi Usia 3 Bulan Sampai 6 Bulan)

Untuk memudahkan seluruh pertumbuhan yang perlu terjadi sebelum bayi bisa sedikit lebih mandiri, orang tua harus berusaha menciptakan kembali kehidupan di dalam kandungan sebanyak mungkin. Di dalam rahim, bayi menjadi terbiasa dengan beberapa elemen, seperti sentuhan konstan, ruang tertutup, suara berirama keras (detak jantung dan darah ibu) dan guncangan. Setelah melahirkan, bayi bisa sangat rewel tanpa itu, kata Harvey.

Jadi tugas Ibu pada dasarnya adalah membuat kebiasaan yang sama dengan yang ada di dalam rahim dan berikan semua kebutuhan bayi dalam 12 minggu pertama. Harvey merekomendasikan serangkaian teknik menenangkan, yang jika dilakukan dengan benar, dapat menghasilkan bayi baru yang lebih bahagia dan lebih tenang dan tidur lebih nyenyak.

Dengan tanda-tanda perkembangan si kecil selama tiga bulan, bayi secara fisik dan kognitif lebih berkembang, dan biasanya Ibu akan semakin memahami rutinitas makan dan tidurnya.

2. Luangkan waktu untuk kesembuhan

Pada minggu-minggu awal, satu aspek dari konsep "menyembuhkan" rahim sangat penting bagi Ibu. Hal ini didukung oleh Lisa Weston, bidan terdaftar di Toronto yang mengatakan, "Memegangi bayi atau menggendongnya dengan selempang atau gendongan, sebagian besar waktu memaksa Ibu untuk tidak melakukannya terlalu banyak dan hanya membiarkan tubuh bisa sembuh terlebih dahulu, yang sangat penting."