Begini Cara Orang Jepang Agar Tetap Langsing Tanpa Susah Payah

By Dini Felicitas, Senin, 29 Mei 2017 | 06:30 WIB
Orang Jepang terkenal sangat senang mengonsumsi ikan. (Dini Felicitas)

Nakita.id – Ada banyak cara yang bisa Ibu lakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari mengatur pola makan hingga berolahraga. Kali ini ada resep dari orang-orang Jepang yang bisa Ibu tiru. Mereka cenderung memiliki berat badan yang ideal dan dapat mempertahankan berat badan tersebut. Kira-kira apa saja ya rahasia yang dimiliki oleh mereka?

Tak hanya memiliki pola makan yang khas, orang Jepang juga melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai berat badan ideal, yaitu:

Minum teh hijau Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan orang Jepang adalah mengonsumsi teh. Teh hijau juga memiliki kandungan kafein. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, terungkap bahwa kafein merupakan zat yang dapat membantu pembakaran lemak.

Selain itu, teh hijau juga memiliki cathecins. Kandungan ini merupakan zat antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ibu bisa menjadikan teh hijau sebagai minuman atau mengambil ekstraknya sebagai suplemen.

Makan ikan Dibandingkan makan daging ayam ataupun daging merah, orang Jepang terkenal sangat senang mengonsumsi ikan. Makanan ini rendah kalori dan tinggi protein. Tidak hanya itu, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk cadangan energi tanpa memberikan dampak lemak jenuh pada tubuh.

Sebuah studi di Denmark yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association mengungkapkan, perempuan yang tidak atau sedikit mengonsumsi ikan memiliki masalah jantung lebih banyak sampai 50% dibanding mereka yang makan ikan satu minggu sekali.

Bermeditasi dan tenang Pikiran ternyata punya pengaruh terhadap penurunan berat badan. Sebuah riset yang dilakukan University of Calgary's Faculty of Medicine di Kanada menunjukkan, stres akan menyebabkan hormon kortisol meningkat. Hormon kortisol akan menyebabkan Ibu cenderung mengonsumsi makanan tinggi lemak dan mendorong kita memilih junk food dibanding makanan sehat lainnya. Mulailah juga untuk melakukan kegiatan yang menenangkan, seperti mendengarkan musik atau melakukan yoga.

Makanan berfermentasi Kimchi hingga kombucha, minuman fermentasi jamur, merupakan salah satu jenis makanan berfermentasi yang sering dikonsumsi orang Jepang. Ternyata makanan ini kaya akan probiotik sehingga membantu kesehatan usus. Berbagai studi mengungkapkan bahwa obesitas bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang dapat membuat sistem pencernaan jadi lebih sehat. Peradangan pada pencernaan akan mengganggu hormon pengatur lemak dalam tubuh.

Itulah gaya hidup orang Jepang yang membuat mereka awet langsingnya.