Makanan dan Minuman yang Baik untuk Mengimbangi Puasa

By Ida Rosdalina, Kamis, 1 Juni 2017 | 06:30 WIB
Jus Kurma Susu: ASI Deras, Badan Tak Lemas Saat Berpuasa (Ipoel )

Nakita.id - Selama Ramadan umat muslim serentak menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Puasa yang dijalankan bertujuan untuk menahan nafsu dan membersihkan hati serta pikiran untuk kembali fitri atau suci.

Karena sudah berpuasa selama sehari penuh, tubuh biasanya akan butuh nutrisi yang dapat menyeimbangkan cairan tubuh yang keluar selama berpuasa. Nah, berikut makanan yang perlu kita konsumsi, khususnya selama sedang menjalankan puasa:

(Baca juga : Tip Sahur Dan Buka Puasa Ibu Hamil)

1. Jus Buah: Jus buah segar adalah salah satu sumber nutrisi terbaik yang memberi kita energi saat sedang berpuasa. Kita bisa menyiapkan jus buah dari kurma, semangka, jeruk, buah naga, melon, mangga, jambu, stroberi, timun suri, bewah, delima dan buah lainnya. Minum jus buah-buahan lebih sehat bila tidak ditambahkan gula. Gunakan kurma, kismis, atau anggur dan apel merah untuk mendapatkan rasa manis.

2. Susu: Minuman ini merupakan sumber kaya vitamin, kalsium, magnesium, dan juga salah satu sumber nutrisi terbaik, saat kita sedang berpuasa. Minum segelas susu akan membantu kita dalam menyediakan energi untuk melakukan puasa serta pekerjaan yang perlu dilakukan selama seharian penuh.

(Baca juga : Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi Saat Puasa)

3. Pisang: Pisang merupakan salah satu buah yang sangat membantu dalam membangun stamina tubuh. Buah ini kaya akan potasium, juga mengandung glukosa alami yang membantu meningkatkan kadar energi.  

Pisang bisa kita konsumsi dalam bentuk buah atau jus. Mengonsumsi satu buah pisang tidak hanya membantu membangun energi yang berguna dalam beraktivitas sehari-hari tapi juga akan memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.

4. Kacang-kacangan: Kacang-kacangan, terutama, kacang almond dapat membantu memberikan energi saat kita berpuasa. Almond adalah salah satu kacang terbaik yang kaya akan vitamin E dan magnesium serta membantu dalam memberikan energi.

Rendam sekitar 3-4 kacang almond dan sekitar 4-5 kismis dalam air semalaman dan konsumsi di pagi hari, sebelum menjalankan puasa. Ini membantu dalam menyediakan banyak energi untuk melanjutkan aktivitas dan pekerjaan pada hari-hari saat kita berpuasa.