Mengapa Harus Happy dan Tidak Stres Kala Hamil, Ini Alasannya!

By Heni Wiradimaja, Rabu, 31 Mei 2017 | 04:00 WIB
Stres saat hamil ternyata ada banyak dampaknya bagi janin (Heni Wiradimaja)

Nakita.id –  Kondisi hamil yang dialami ibu memang berpotensi menimbulkan kecemasan dan stres. Belum lagi emosi naik turun yang didalangi perubahan komposisi hormon. Padahal, stres atau perasaan tertekan yang berlebihan sangat mungkin berdampak pada perkembangan janin.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Zurich, Swiss mengungkapkan perasaan tertekan yang terjadi dalam jangka waktu panjang selama kehamilan akan meningkatkan hormon kortisol atau hormon stres di dalam tubuh. Peningkatan hormon ini ternyata berpengaruh langsung pada kondisi cairan ketuban.

Hormon stres ini akan terikat pada molekul cairan ketuban, akibatnya janin akan mendapat efek buruknya. Lembaga riset March of Dimes juga melaporkan bahwa stres atau tekanan psikis yang dialami ibu selama hamil bahkan berpengaruh hingga anaknya bertumbuh dewasa.

Baca juga: Trik Mudah Agar Bebas Stres Saat Hamil

Stres saat hamil akan membuat anak mengalami masalah seperti sulit berkonsentrasi dan hambatan perilaku lainnya. Stres bisa saja berpengaruh pada perkembangan otak maupun sisteem kekebalan tubuh anak.

Saat stres, Ibu juga berpotensi melakukan pola hidup yang kurang sehat seperti tidur larut malam bahkan merokok hingga menjadi pecandu alkohol. Padahal kebiasaan buruk tadi sangat mengancam kesejahteraan janin dan meningkatkan risiko kelahiran prematur hingga keguguran.

Ada baiknya Ibu mulai mengatur diri sendiri agar tak stres saat hamil. Fokuslah pada kehamilan yang happy dan bukan pada pekerjaan rumah tangga dengan cara membaginya dengan orang lain.

Pilihlah lingkaran pertemanan yang memberi dukungan secara sehat agar emosi Ibu senantiasa positif, happy, dan terhindar dari rasa kesepian yang sering menjadi penyebab stres.

Informasi yang simpang siur mengenai kehamilan sangat mungkin membuat Ibu merasa tertekan. Daripada bingung dan risau, carilah informasi yang benar dari sumber yang dapat dipercaya.

Baca juga: Memahami Stres Ibu Hamil

Libatkan pasangan dalam menjalankan rumah tangga, terlebih di saat Ibu harus menjaga kehamilan. Pola hidup sehat seperti tidur cukup dan konsumsi makanan yang tepat selama hamil juga sangat penting. Ibu yang sehat dan merasa bugar akan lebih santai dan rileks. Hal ini akan menjauhkan Ibu dari situasi stres.

Baca juga:Stres Selama Kehamilan, Waspada Terserang Penyakit ini

Ibu pun juga harus mencari kegiatan yang bisa membuat relaks dan happy. Tak perlu kegiatan yang mahal dan sulit, perbanyak saja kegiatan ibadah, membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, pijat ibu hamil, atau jalan-jalan santai bersama suami.