Tren Roti Panggang "Mermaid" dan "Unicorn" Ini Bisa Jadi Pilihan Menu Sarapan Anak

By Ida Rosdalina, Senin, 5 Juni 2017 | 08:15 WIB
Tren Roti Panggang ‘Mermaid’ dan ‘Unicorn’ Ini Bisa Jadi Pilihan Menu Sarapan Anak (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Anak yang cenderung rewel makan membuat kita para ibu harus memutar otak agar kebutuhan nutrisinya selalu terpenuhi. Salah satu cara untuk mendorong anak yang rewel makan atau pemilih makanan adalah Ibu harus benar-benar kreatif dalam menyajikan makanannya.

Namun, berbeda jika Ibu sangat sibuk dengan pekerjaannya di kantor, sehingga membutuhkan waktu yang benar-benar luang untuk bisa membuat "karya" makanan untuk buah hati tercinta. Nah, ada cara ampuh memberikan anak makanan yang memberi nilai penuh pada semua bidang, di antaranya nutrisi, rasa, kreativitas dan keindahan.

(Baca juga : Makanan untuk Mengatasi Aneka Gangguan Kehamilan)

Yak! Tren makanan di berbagai media sosial seperti Instagram memang sudah tak asing lagi, bukan? Tren makanan yang sedang viral dan banyak disukai banyak kalangan usia ialah roti panggang "mermaid’"dan "unicorn" yang disajikan indah dan terinspirasi dari laut dengan warna-warna lembut seperti hijau dan biru yang lembut.

Adeline Waugh dari @vibrantandpure adalah penata makanan di balik tren ini. Ia menjelaskan, "Sejak saya menyadari bahwa menambahkan jus buah bit ke makanan akan mengubahnya menjadi warna merah muda yang paling indah, saya ketagihan. Tujuan saya adalah untuk mengambil makanan sehat dan membuatnya menjadi hal yang menyenangkan dan menggairahkan, mencerahkannya dengan beberapa atau banyak warna."

Adeline pertama kali menciptakan roti unicorn yang dibuat dengan mencampur pewarna makanan alami dari berbagai nuansa krim keju, mengoleskan roti panggang dengan warna-warni krim keju beserta taburan glitter yang dapat dimakan.

(Baca juga : Jarang Makan Sayur, Anak Bisa Idap Kolesterol Tinggi)

"Saya hanya ingin menciptakan sesuatu yang baru di luar roti unicorn. Saya selalu berusaha untuk berkembang dan berpikir di luar kotak ketika menyangkut makanan," ungkap Adeline. "Saya menduga bahwa nuansa biru dan hijau dari klorofil dan spirulina akan berbaur dengan baik dan menciptakan tampilan warna yang menarik. Saya memutuskan untuk menamakannya mermaid toast atau roti panggang mermaid.

Cara Membuat Roti Panggang Mermaid dan Roti Panggang Unicorn

Pertama, ambil beberapa krim keju atau yogurt. Warnanya dibuat dari jus bit (pink), akar atau bubuk kunyit (emas dan jingga), tetes klorofil (hijau), bubuk blueberry kering beku (ungu) dan bubuk spirulina (biru-hijau).

Gunakan sedikit warna yang berbeda untuk menambahkan warna yang Ibu inginkan ke bagian krim keju yang terpisah. Untuk roti unicorn, Ibu dapat menggunakan semua warna ini.

Roti panggang mermaid hanya membutuhkan warna-warna biru, hijau dan ungu atau mungkin sedikit warna emas dan jingga. Ibu juga bisa menciptakan warna hijau muda yang indah dengan menambahkan beberapa alpukat. Kemudian, pilih roti bakar yang terbuat dari gandum utuh, biji rami, atau lainnya yang sekiranya lebih sehat.