Pakar Merekomendasikan Rencana Diet Sehat Selama Ramadan

By Ida Rosdalina, Senin, 5 Juni 2017 | 09:00 WIB
Pakar Merekomendasikan Rencana Diet Sehat Selama Ramadan (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Ramadan adalah ketika kaum muslim berpuasa selama sebulan pentuh di siang hari, dan berbuka di senja hari. Meskipun puasa memiliki alasan relijius, seseorang bisa mengalami dehidrasi serius karena tidak mengkonsumsi air pada jam-jam ketika matahari bersinar terik dan massa otot menurun karena kurangnya asupan maakan. Untuk puasa yang sehat, ahli gizi Naini Setalvad dan Neha Chandna telah merancang menu makanan untuk orang-orang yang berpuasa selama Ramadan. 

Naini menyarankan untuk memulai hari dengan air yang diikuti dengan konsumsi sandwich atau gandum vegan dengan sayuran dan kacang-kacangan. Di malam hari, berbuka puasa dengan air dan makan kurma serta buah. Setelah salat, Naini juga merekomendasikan untuk makan salad, sayuran, roti, atau ayam.

(Baca juga : Makanan dan Minuman yang Baik untuk Mengimbangi Puasa)

Penting sekali untuk mengonsumsi sejumlah sayuran untuk memberi nutrisi yang cukup bagi tubuh. Jika kita menginginkan makanan manis, masukkan nanas ke dalam makanan karena akan membantu mencerna makanan dengan lebih baik.

Menurut Neha, makanan kaya serat dan kaya protein sangat penting selama bulan Ramadan. Ia juga menyarankan orang untuk menghindari makan makanan yang digoreng, berminyak dan berat karena tidak mudah dicerna dan bisa membuat perut terasa kembung.

(Baca juga : Manfaat Kesehatan Terbaik yang Didapatkan Saat Puasa)

Inilah menu makanan yang telah direkomendasikan para ahli :

Mulailah hari sebelum puasa dengan:

Buka puasa dengan kurma dan pilih yang berikut ini:

(Baca juga : Panduan Berbuka Puasa yang Sehat dan Tidak Bikin Gemuk)

Ingatlah untuk minum banyak air sebelum tidur untuk rehidrasi diri dan beristirahat dengan baik untuk meremajakan tubuh kita pada hari berikutnya.