Rutinitas Membersihkan Telinga Seperti Ini Justru Melukai Anak

By Saeful Imam, Senin, 12 Juni 2017 | 05:45 WIB
Rutinitas Membersihkan Telinga Seperti Ini Justru Melukai Anak (Saeful Imam)

Nakita.id - Ada berbagai rutinitas umum anak yang kini perlu mendapat perhatian dari para orangtua. Ternyata keliru melakukan rutinitas perawatan ini tidak hanya dapat melukai, tapi juga membahayakan anak. Seperti dilansir Mom.me, ribuan anak dilarikan ke ruang gawat darurat setiap tahun, atau sekitar 34 anak per hari.

Lebih buruk lagi, jika orangtua memilih untuk menunda pengobatan dapat menyebabkan kerusakan permanen yang serius seperti masalah keseimbangan, kelumpuhan saraf wajah, gangguan pendengaran dan pusing.

Rutinitas seperti membersihkan telinga anak dengan kapas bisa menjadi masalah besar jika anak dibiarkan tanpa pengawasan membersihkan telinga dengan memasukkan kapas sendiri. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, jika anak salah sedikit atau terlalu banyak menekan kapas terlalu dalam bisa menimbulkan konsekuensi serius.

(Baca juga : Jangan Bersihkan Telinga Bayi Bagian Dalam dengan Cotton Bud)

Sekitar dua dari tiga pasien anak berusia di bawah 8 tahun, dan anak-anak berusia di bawah 3 tahun menyumbang sebanyak 40 persen dari semua korban. Pembersih kapas dapat menyebabkan luka serius dengan mendorong lilin telinga atau kotoran lainnya lebih dalam ke saluran telinga atau menusuk gendang telinga. Cedera yang paling umum terjadi pada anak di bawah usia 8 tahun adalah gendang telinga berlubang.

Meskipun lilin telinga normal dan dapat melindungi telinga, studi dari American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery Foundation telah menunjukkan bahwa 90 persen orang masih berpikir jika mereka harus membersihkan telinga mereka sendiri atau telinga anak-anak mereka secara teratur.

Namun, alasan paling umum anak-anak di UGD adalah penyumbatan saluran telinga atau gendang telinga yang berlubang, menurut analisis data dari National Electronic Injury Surveillance System.

(Baca juga : Cara Cepat Bersihkan Telinga Anak Tanpa "Cotton Bud")

Luka dapat terjadi, sebagian besar terjadi saat membersihkan telinga, namun sejumlah besar anak-anak, yakni sekitar 20 persen terluka saat bermain dengan pembersih kapas atau menyeka telinga mereka. Sebagian besar luka ini terjadi saat anak-anak memasukkan kapas sendiri ke dalam telinga, tapi orangtua juga bertanggung jawab atas kecelakaan yang terjadi pada anak.

Tip terbaik untuk membersihkan telinga ialah dengan membersihkan diri secara teratur. Dan jika Ibu harus membersihkan telinga anak, gunakan bola kapas biasa untuk membersihkan bagian luar saluran telinga. Tapi Ibu juga perlu mendengarkan saran dokter anak tentang cara terbaik agar telinga anak tetap bersih sehingga anak tidak terluka atau harus sampai dibawa ke UGD.