Kiat Mudah Merawat Rambut Anak Agar Selalu Bersih dan Sehat

By Ida Rosdalina, Kamis, 8 Juni 2017 | 09:45 WIB
Kenali Perilaku Anak Umur 2 Tahun (Gisela Niken)

Nakita.id - Rambut di cuaca panas membutuhkan perhatian ekstra, terutama pada anak-anak. Keringat, kelembapan, dan bahaya kutu bisa saja dialami anak-anak, terlebih jika ia sering menghabiskan waktu bermain di luar rumah. Kebersihan rambut menjadi penting untuk mencegah infeksi.

Para ahli menyarankan untuk mengikat rambut bersih anak dengan cara dikepang sebelum ia tidur. Ram Shukla, direktur senior penelitian dan pengembangan di Johnson & Johnson, India, dan dokter anak Indu Khosla memberikan tip perawatan rambut untuk anak-anak:

  1. Gunakan produk rambut yang tepat

Pahami perbedaan antara rambut anak berusia 0-3 tahun dan rambut anak-anak yang berusia 3-10 tahun. Karena itu, sebaiknya gunakan produk rambut yang tepat.

(Baca juga : Kiat Merawat Rambut Bayi Agar Tumbuh Sehat)

Idealnya, pH sampo anak harus kurang dari 5,5-6. Tingkat pH yang lebih besar dari 5,5 dapat meningkatkan muatan listrik negatif dari permukaan serat rambut yang mengakibatkan gesekan antara serat dan akhirnya menyebabkan kerusakan kutikula dan kerusakan rambut.

Sampo yang lembut ideal untuk membersihkan rambut dan kulit kepala anak. Hindari menggunakan sampo dewasa atau keluarga yang sifatnya keras. Gunakan produk dengan ekstrak alami yang melembabkan akar ke ujung rambut agar lebih mudah diatur dan mudah disisir.

  1. Mengepang rambut anak adalah ide bagus

Ikat rambut anak dengan mengepangnya sebelum tidur. Jangan tinggalkan penjepit rambut apa pun yang bisa terjerat di rambut anak dan menyebabkan rambut rontok.

  1. Tutupi rambut saat bermain di luar ruangan

Ibu harus selalu pastikan bahwa anak-anak bermain di tempat teduh dan terhindar dari matahari langsung. Jaga agar rambut tetap tertutup saat berada di luar rumah.

(Baca juga : 2 Kiat Agar Rambut Bayi Lebat)

  1. Makan yang sehat

Perhatikan makanan apa saja yang telah dimakan anak-anak. Disarankan untuk meningkatkan asupan buah dan air mineral. Penting untuk anak memiliki diet seimbang yang mengandung jumlah protein dan vitamin yang cukup. Anak yang lebih tua harus mengonsumsi buah kering seperti kenari dan kacang almond dalam makanannya guna menutrisi rambut yang lebih indah dan sehat.