Wow! Bayi Ini Bisa Berdiri Sendiri Pada Usia Empat Bulan

By Ida Rosdalina, Selasa, 13 Juni 2017 | 08:00 WIB
Wow! Bayi Ini Bisa Berdiri Sendiri Pada Usia Empat Bulan (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Normalnya, bayi akan mulai bisa berdiri tanpa dukungan bantuan dari usia sekitar sembilan bulan, tetapi sebuah studi baru menunjukkan bahwa bayi dapat menguasai keterampilan penting ini jauh sebelumnya.

"Dengan beberapa pelatihan, anak-anak dapat berdiri lebih cepat dari itu, bahkan sebelum mereka berusia empat bulan," kata pemimpin tim peneliti Profesor Hermundur Sigmundsson, dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia.

Sebagai bagian dari penelitian yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Psychology, 13 bayi dengan usia rata-rata 97 hari berpartisipasi dalam program berbasis air di Islandia. Sesi berenang berlangsung satu jam selama 12 minggu, dan berlari dua kali seminggu.

(Baca juga : Ini 4 Cara untuk Membantu Bayi Belajar Berjalan)

Menurut peneliti, hal ini dianggap "konteks yang aman dan menyenangkan bagi bayi dan orang tua mereka untuk mempelajari perilaku motorik yang spesifik ini."

Seiring dengan aktivitas yang dilakukan salah satu dari orang tua, bayi terlibat dalam sejumlah aktivitas motorik termasuk melakukan jungkir balik di kasur tipis yang mengapung di atas air, menyelam di bawah air, dan memungut benda berbentuk cincin dari air.

Fokus penelitian ini adalah tugas berdiri secara mandiri, di mana instruktur akan mengangkat bayi, satu per satu, maksimal 15 detik. Bayi akan mempraktikkan tugas berdiri baik di papan atau di tangan instruktur. Perkembangan motorik bayi dinilai sebelum sesi dimulai, untuk melacak kemajuan mereka.

Pada akhir penelitian, 11 bayi dapat berdiri mandiri selama lebih dari 15 detik. "Rata-rata bayi berusia 4,3 bulan saat mereka belajar berdiri tanpa dukungan. Yang termuda berusia 3,6 bulan," Hermundur memberi pernyataan. "Anak bisa melakukan lebih dari yang kita duga."

(Baca juga : 7 Tip untuk Membantu Anak Belajar Berjalan)

Para peneliti mencatat, "Bayi berusia tiga sampai lima bulan mampu menunjukkan tanda-tanda pembelajaran motorik dalam posisi independen dari tugas tertentu."  

"Data sebelumnya menunjukkan bahwa berdiri mandiri terjadi antara usia sembilan dan 16 bulan, tetapi berdiri sendiri saat berpegangan pada furnitur berlangsung pada usia enam sampai 12 bulan."

Hermundur mengatakan penelitian ini sementara dibatasi oleh jumlah bayi yang sedikit dan memiliki implikasi penting. "Hasilnya menunjukkan bahwa dengan membentuk koneksi saraf pada usia dini, bayi dapat melakukan hal-hal lebih awal dari perkiraan sebelumnya," katanya kepada Iceland Monitor

(Baca juga : 6 Kiat Agar Anak Cepat Berjalan)