Kesalahan Pola Asuh Mengakibatkan Anak Jadi Manja

By Ida Rosdalina, Kamis, 15 Juni 2017 | 08:15 WIB
Kesederhanaan yang Tak Terlupakan bagi Anak (Dini)

Nakita.id - Tak seorang pun ingin memanjakan anak-anak mereka. Tetapi, beberapa orang tua akan melakukan apa pun demi menenangkan anak kecil mereka.

Menurut seorang terapis keluarga, mengancam untuk menghukum anak karena kelakuan buruk mereka, dan kemudian gagal menindaklanjuti dengan tindakan, adalah cara tepat untuk menciptakan anak nakal yang manja. 

Hal Runkel, pengarang buku berjudul Scream Free Parenting, menjelaskan bahwa tidak memaksa anak menghadapi konsekuensi dari tindakannya adalah kekeliruan terbesar yang dibuat orang tua ketika membesarkan anak. Ia juga percaya bahwa tidak membiarkan anak-anak Anda menemukan cara dunia bekerja untuk mereka adalah sebuah kesalahan.

“Yang merusak anak adalah orang tua yang tidak membiarkan mereka merasakan konsekuensi dari kesalahan-kesalahan mereka,” katanya kepada Business Insider. 

(Baca juga : Kenali Tanda-Tanda Anak Manja)

Hal mengatakan: Jika Anda tidak mengambil kendali, Anda tidak bisa memimpin.”

Menurut Hal, jika anak Anda memukul adiknya dengan mainan dan Anda mengancam untuk mengambil mainan itu jika ia mengulanginya lagi, kata-kata Anda tak akan dianggap. Dengan melakukan ini, ia menjelaskan, Anda sedang mengirim pesan bahwa mereka bisa lolos dengan kelakuan apa pun yang mereka inginkan. 

(Baca juga : Anak Manja, Penyebab Anak Terlambat Berjalan)

Sebaliknya, Hal berpendapat bahwa orang tua atau Ibu harus segera mengambil mainan yang anak gunakan untuk memukul saudara kandungnya dari jauh sebelumnya, yang akan mengirim pesan yang jelas dan menunda anak untuk melakukannya lagi. Hal juga percaya bahwa penting untuk mempersiapkan anak-anak untuk bisa hidup tanpa orang tua nantinya.

Salah satu cara utama yang bisa orangtua lakukan adalah membiarkan anak-anak membuat alarm-nya sendiri untuk bangun sekolah daripada membangunkan mereka.

Parenting bukan tentang anak-anak, ini tentang orang tua. Jika Anda tidak memegang kendali, maka Anda tidak dapat bertanggung jawab. Dengan tetap tenang dan terhubung dengan anak-anak, Anda dapat mulai sedikit mengurangi ketakutan terdalam Anda dan lebih dari prinsip tertinggi Anda, mengubah hubungan Anda dalam prosesnya,” lanjutnya.

(Baca juga : 3 Hal Ini akan Membuat Anak Manja)