Hindari Mengerjakan Hal-hal Ini Selama Kehamilan

By Ida Rosdalina, Kamis, 15 Juni 2017 | 08:30 WIB
Sering Keputihan Saat Hamil (Ipoel )

Nakita.id

Tubuh Anda harus melewati fase sulit selama kehamilan. Jadi, lebih baik jangan mempersulit kondisinya. Menyantap makanan yang sehat, melakukan olahraga ringan dan mempertahankan pikiran yang tenang adalah hal terbaik yang dilakukan selama kehamilan. Minta bantuan suami atau anggota keluarga lain dan memastikan Anda bisa mengistirahatkan tubuh.

Ini beberapa tugas rumah tangga yang harus Anda hindari, ketika hamil. 

# 1 Saat sedang hamil, tidak disarankan Ibu melakukan pekerjaan bersih-bersih rumah secara umum, seperti melakukan kontak langsung dengan bahan pembersih seperti deterjen dan produk lainnya. Zat reaktif tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi. Selama kehamilan, tubuh akan cenderung lebih sensitif.

(Baca juga : Jangan Lakukan Hal-hal Ini Saat Bedrest)

# 2 Alasan lain untuk menghindari pembersihan rumah tangga ialah apabila ibu hamil terlalu banyak membungkuk saat bersih-bersih tentu akan berisiko. Bahkan hal ini bisa memicu saraf siatik (saraf panggul).

# 3 Selama kehamilan, sendi dan ligamen ibu hamil cenderung sedikit melunak. Hal ini akan membuatnya sulit bagi ibu untuk terlibat dalam tugas-tugas yang melelahkan. Carilah pembantu rumah tangga untuk tugas-tugas berat seperti mengepel dan membersihkan debu.

# 4 Jika ibu hamil memelihara kucing di rumah, jangan pernah membersihkan kotorannya. Parasit yang ada di dalamnya bisa jadi lebih berbahaya selama kehamilan.

(Baca juga : 4 Kesalahan yang sering Ibu Lakukan Saat Baru Hamil)

# 5 Beberapa produk pembersih kamar mandi dapat mengeluarkan asap atau uap. Asap atau uap berbahaya selama kehamilan.

# 6 Hindari mencuci pakaian yang menggunakan tangan atau secara manual. Membungkuk dan bangun untuk mencuci pakaian tidak begitu nyaman dilakukan selama kehamilan. Selain itu, permukaan licin di area cucian juga bisa berisiko ibu tergelincir.

# 7 Setiap tugas yang melibatkan mengangkat benda berat bisa sangat berisiko untuk ibu hamil, terutama daerah punggung. Menaiki tangga juga sangat tidak dianjurkan. Cobalah untuk menghindari aktivitas-aktivitas di atas selama kehamilan. Lakukan pencegahan dini dengan meminta sedikit bantuan dari pasangan atau anggota keluarga lainnya atau bisa dengan mencari pembantu rumah tangga selama kehamilan. 

(Baca juga : Ibu Hamil Jangan Mengangkat Benda Berat)