Meski Menggunakan Tabir Surya, Batita ini Mengalami Luka Bakar Tingkat Pertama

By Saeful Imam, Rabu, 21 Juni 2017 | 06:00 WIB
Akibat Kelalaian Orangtua, Batita Mengalami Luka Bakar Tingkat Pertama (Saeful Imam)

Nakita.id - Meskipun telah beberapa kali dioleskan tabir surya SPF 50, Liam Sayers, anak berusia 3 tahun mengalami luka bakar tingkat pertama dan kedua. Sebelum kejadian, keluarga Liam tengah bersiap-siap untuk menikmati libur akhir pekan di bawah sinar matahari di Pantai Timur Virginia.

Ibunya, Jennifer Sayers mengatakan bahwa ia telah mengoleskan tabir surya SPF 50+ berbentuk spray kepada Liam dan saudaranya, bahkan Jennifer menyemprotkannya ke tangan terlebih dahulu sebelum langsung menyemprotkan ke wajah anak-anaknya untuk memastikan mereka semua mendapatkan perlindungan yang tepat.

(Baca juga : Cara Sederhana Mengobati Luka Si Kecil)

"Beberapa kali saat siang hari, kami membawa anak-anak keluar dari air, mengeringkannya sepenuhnya, lalu menyemprotkan kembali tabir surya seperti pada petunjuk," kata Jennifer kepada WTVR.

Menurut kemasan pada tabir surya, produk ini telah diuji oleh dokter anak dan direkomendasikan oleh Skin Cancer Foundation. Namun, produk Banana Boat lainnya, yaitu Banana Boat Kids Max Protect dan Play Sunscreen Lotion, SPF 100, menjadi daftar tabir surya dengan peringkat EWG terburuk untuk tahun 2016.

Selain itu, beberapa pihak terkait mengambil isu tabir surya semprot yang pada umumnya memicu inhalasi paru-paru potensial. Jennifer mengatakan bahwa ia telah mengikuti instruksi pada kemasan botol dan Liam tampak baik-baik saja dalam perjalanan pulang dari pantai.

Ia juga menulis di Facebook pribadinya bahwa keluarganya hanya berada di pantai selama empat jam dan anak laki-lakinya telah mengenakan pelindung ruam kulit selama setengah hari. Namun, saat Liam terbangun keesokan paginya, ada sesuatu yang janggal.

(Baca juga : 5 Kelalaian Orangtua ini Dapat Membahayakan Anak)

"Matanya hampir membengkak, ia membengkak dan mendapatkan luka bakar di seluruh wajahnya, terutama di pipi dan hidungnya," Jennifer menjelaskan.

Sementara, Dr. Eric Freeman, seorang dokter anak di Old Dominion Pediatrics mengatakan, kadang-kadang mengikuti petunjuk saja tidak cukup untuk melindungi anak-anak kita dan orangtua harus mempertimbangkan untuk membeli produk yang berbeda, yang khusus dan efektif melindungi  wajah anak-anaknya.

"Saya tidak pernah bisa menjamin keluarga Anda tidak akan mendapat luka bakar meski melakukan semua hal dengan benar," Dr. Eric menjelaskan. "Kami mencari tabir surya terutama untuk area sensitif yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida."

(Baca juga : Kulit Anak Sering Bernanah dan Luka)

Sementara, semprotan Banana Boat tidak memasukkan bahan-bahan tersebut, dan dari pihak perusahaan tersebut mengeluarkan pernyataan terkait luka bakar Liam:

"Tidak ada yang lebih penting bagi kita daripada kesejahteraan orang-orang yang menggunakan produk kita. Konsumen dapat yakin bahwa produk Banana Boat memberikan perlindungan spektrum UVA dan UVB yang aman dan efektif bila digunakan sesuai dengan label produk, dan dengan produk pelindung sinar matahari lainnya seperlunya saja."