Langkah-langkah Mencegah Keracunan yang Tidak Disengaja Pada Batita

By Saeful Imam, Rabu, 21 Juni 2017 | 07:15 WIB
Langkah-langkah Mencegah Keracunan yang Tidak Disengaja Pada Batita (Saeful Imam)

Nakita.id - Batita cenderung refleks memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya dan jika tidak diawasi bisa menyebabkan risiko keracunan. Namun lewat aktivitas coba-coba itu, anak belajar lebih banyak hal. Selain melihat, menyentuh, mendengar dan merasakan, mencicipi juga merupakan cara penting di mana anak mempelajari dunia. Hal yang perlu dilakukan orangtua adalah pastikan apa yang dimasukkan ke dalam mulut anak bersih dan aman. 

Telah dicatat dalam sebuah survei, banyak anak yang menjadi korban keracunan tidak disengaja setiap tahunnya. Anak-anak terpapar berbagai hal dan zat dalam kehidupan sehari-hari. Ini mungkin saja terjadi di dalam rumah, di kebun atau di tempat lain yang mungkin anak kunjungi.

Orangtua dapat mencegah paparan zat beracun secara tidak disengaja sampai batas tertentu dengan mengunci atau menyingkirkannya dari jangkauan anak. Tapi, strategi ini saja mungkin tidak berhasil. Sering kali, paparan tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, orangtua perlu menyadari tindakan pencegahan, tanda-tanda keracunan dan apa yang harus dilakukan jika terjadi keracunan tanpa disengaja.

(Baca juga : Hati-hati 5 Benda Rumahan ini Berisiko Sebabkan Anak Keracunan)

Hal-hal Penyebab Keracunan yang Tidak Disengaja

Mengenali Tanda-Tanda Keracunan Anak

Jika anak tiba-tiba jatuh sakit, Ibu perlu mencurigai adanya keracunan yang tidak disengaja. Awasi gejala berikut jika anak mungkin telah menelan sesuatu yang beracun.

(Baca juga : Awasi Gejala Keracunan pada Anak, Mereka Lebih Berisiko Mengalaminya daripada Orang Dewasa)

Apa yang Harus Dilakukan Jika Ada Kasus Keracunan yang Tidak Disengaja?

Jika anak terlihat memiliki beberapa atau semua gejala yang disebutkan di atas, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

(Baca juga : 5 Benda Berbahaya Yang Rentan Masuk Mulut Anak)

Cara Mencegah Keracunan yang Tidak Disengaja?