Cara Mendeteksi Kata Pertama Bayi

By Saeful Imam, Selasa, 4 Juli 2017 | 07:15 WIB
Ikatan Batin Ibu dan Anak Membuat Anak Cerdas (Gisela Niken)

Nakita.id - Kata pertama yang keluar dari seorang bayi biasanya akan berlangsung menjelang satu tahun pertama kehidupannya. Umumnya, kata-kata pertama bayi biasanya "Mama" dan "Papa", tapi bagaimana dengan kosa kata bayi Ibu?

Menurut sebuah penelitian, orangtua bisa memprediksi kosa kata awal bayi dengan cara mengamati apa yang bayi lihat secara teratur. Medical Daily melaporkan bahwa peneliti dari Indiana University menemukan bahwa bayi lebih cenderung mempelajari kata-kata untuk benda-benda yang sering dilihatnya.

(Baca juga : Ini Kata Pertama Yang Diucapkan Bayi)

"Memori visual mungkin merupakan kunci awal untuk mendapatkan kata-kata yang terjebak pada objek-objek visual yang familiar seperti meja, kemeja, botol atau sendok," kata penulis senior Linda Smith dalam sebuah rilis media.

"Ini adalah pengalaman agregat; Kata-kata pertama itu bisa dipelajari perlahan dan bertahap untuk beberapa benda yang secara visual meluas. Ini adalah bagaimana bayi mulai masuk ke bahasa sebelum hari ulang tahun pertama mereka. "

Gangguan bahasa dan autisme

Sedangkan untuk anak-anak dengan gangguan bicara dan bahasa yang tertunda, peneliti berpikir bahwa masalah bahasa ini berakar pada masalah dengan pemrosesan visual.

(Baca juga : Bantu Anak Mengucapkan Kalimat dengan Benar)

"Anak-anak yang terlambat berbicara memiliki keterampilan pemrosesan visual lambat atau tertunda untuk objek, misalnya," lanjut Linda. "Anak autis memiliki masalah pemrosesan objek juga."

Meskipun ini adalah studi pertama yang berfokus pada sisi visual pembelajaran bahasa, penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa bayi mempelajari kata-kata baru berdasarkan objek yang mereka anggap menarik. Bayi dapat masuk ke bahasa melalui benda-benda yang paling menarik secara visual.

Untuk penelitian ini, bayi berusia 8 sampai 10 bulan dilengkapi dengan kamera yang terpasang di kepala sehingga para peneliti dapat mengamati hal-hal yang paling mereka perhatikan. Waktu makan terbukti sangat penting, karena biasanya melibatkan beberapa objek yang sama. Karena itu, benda-benda yang terlibat saat makan seringkali merupakan yang pertama, yang dipelajari oleh bayi.

(Baca juga : Intinya, Ini Makanan Pertama yang Bisa Diberikan pada Bayi)

Inilah sebabnya mengapa orangtua harus dengan sengaja mengeksplorasi bagaimana visual berperan dalam pembelajaran bahasa awal. Sebuah studi sebelumnya menemukan bahwa pada anak yang lebih tua, pembelajaran bahasa menjadi lebih mudah saat orangtua menggunakan isyarat visual untuk membantu menghubungkan kata-kata dengan objek.

"Dengan mempertimbangkan visual membawa keseluruhan dimensi pembelajaran kata ke dalam pandangan," kata Smith. "Jika semua yang Anda khawatirkan adalah sisi kata pembelajaran kata, Anda mungkin kehilangan setengah masalah: isyarat visual yang membantu pembelajaran bahasa."