Berapa Usia Terbaik Memiliki Anak?

By Saeful Imam, Selasa, 4 Juli 2017 | 09:15 WIB
Yang Perlu Dilakukan Ayah Untuk Mendukung Ibu Menyusui (Gisela Niken)

Nakita.id - Ibu yang usianya lebih tua biasanya membuat mereka menjadi orangtua yang lebih baik. Hal ini diungkapkan sebuah studi yang berlangsung lebih dari 15 tahun yang baru saja diterbitkan di European Journal of Developmental Psychology.

Anak-anak dari ibu yang usianya lebih tua memiliki lebih sedikit masalah perilaku, sosial, dan emosional saat anak-anak menginjak usia 7 dan 11 tahun. Namun, tidak ada perbedaan saat anak-anak berusia 15 tahun. Sepanjang masa kecil, ibu yang lebih tua juga cenderung tidak perlu menegur anak mereka secara verbal.

Salah satu interpretasi dari hasil ini adalah bahwa orangtua lebih dewasa dan lebih siap menghadapi tantangan mengasuh anak. Namun, menunda persalinan tentu saja ada risikonya, baik untuk bayi maupun ibu. Sementara membahas masalah usia, lebih penting untuk mempertimbangkan faktor berikut.

(Baca juga : Mengapa Mick Jagger Bisa Punya Anak di Usia 73 Tahun)

1. Hubungan

Anak-anak tumbuh optimal di lingkungan dengan orangtua yang stabil dan penuh perhatian. Membesarkan anak adalah sebuah kerja keras. Bagaimana kita memecahkan masalah, mengatasi stres, dan menghadapi perasaan anak sangat membutuhkan pengorbanan dari berbagai sisi.

Jangan pernah berpikir untuk memiliki anak sebagai cara untuk memperbaiki hubungan kita dengan pasangan, karena itu tidak akan berhasil, dan anak hanya akan menjadi korban.

2. Stabilitas keuangan

Gaya pengasuhan itu mahal dan tak ternilai. Membesarkan anak tentunya harus mengeluarkan banyak biaya untuk mencukupi segala kebutuhan dasar anak dan lain-lainnya. Jangan meminimalkan dampak dari tekanan finansial kita. Argumen tentang uang adalah salah satu sumber perselisihan antar pasangan yang paling umum.

(Baca juga : Anak dari Ibu yang Telat Punya Anak Ternyata Lebih Cerdas)

3. Rencana karier

Ini berlaku untuk Ibu dan pasangan. Nyatanya, membesarkan anak akan mempengaruhi karier Ibu. Begitu kita memiliki anak, pekerjaan pada akhir pekan sangat sulit dilakukan.

Ibu tidak akan bisa menyeimbangkan semua tugas ini. Pada akhirnya, Ibu harus menetapkan prioritas, dan mencari cara untuk mencapai apa yang paling penting bagi kita. Anak-anak bukanlah sesuatu yang dapat kita jeda dan menunggu sampai anak tertua berusia lebih tua. Buatlah keputusan yang tepat untuk keluarga kecil Ibu dengan penuh penghargaan atas kegembiraan dan tantangan yang nantinya akan dihadapi bersama-sama.