Enam Cara Memperbaiki Waktu Makan Bersama Anak-anak

By Ida Rosdalina, Selasa, 20 Juni 2017 | 01:00 WIB
Nutrisi yang Bisa Meningkatkan Imunitas Anak (Avrizella Quenda)

Nakita.id

Saat makan dengan anak-anak kecil bisa menyulitkan, terutama setelah seharian bekerja atau seharian merawat mereka. Dan jika mereka menolak makan hidangan bergizi yang Ibu masak, Ibu bisa mudah frustrasi.

Berikut enam hal yang bisa Ibu lakukan untuk mengurangi stres di saat makan.

1. Libatkan mereka

Hindari melakukan semuanya sendirian karena anak-anak bisa membantu di dapur juga. Libatkan mereka dalam menyiapkan makanan dan mereka mungkin akan lebih tertarik pada makanan dan ingin merasakan makanan baru.

Lebih sering lagi, orang tua menyiapkan makanan untuk anak agar dimakan. Tapi melibatkan anak-anak dalam menyiapkan, memasak dan bahkan menanam sayuran bisa menjadi kesempatan untuk mengajarkan mereka tentang makanan sehat. Riset menunjukkan bahwa melibatkan anak-anak dengan cara ini bisa memengaruhi kesukaan, sikap dan perilaku terhadap makanan. 

(Baca juga : Yang harus Mama Lakukan Ketika Anak Susah Makan)

Bahkan anak-anak yang sangat muda pun bisa membantu menyiapkan meja, mencuci bahan makanan, mengukur dan mengaduk. Melibatkan anak-anak dalam aktivitas terkait makanan menyebabkan emosi positif pada anak-anak, lebih percaya diri dalam memilih dan makan makanan sehat, dan lebih suka makan buah dan sayuran – juga lebih ingin mencicipi makanan baru.

2. Pastikan anak lapar saat datang ke meja makan

Tidak ada yang lebih mendorong anak-anak mencoba sesuatu yang baru yang mungkin mereka tidak suka selain rasa lapar. Makan pada jam atau dua jam sebelum waktu makan sudah cukup membuat seseorang tak ingin makan besar. Ini terutama berlaku pada anak-anak. 

Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah menyiapkan rutinitas makan. Anak-anak merespons dengan baik kapan ia merasa lapar dan kenyang. Berikan secara konsisten tiga kali makanan berat dan tiga kali makanan ringan setiap hari (setiap dua atau tiga jam, misalnya).

3. Matikan semua layar gadget