10 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Memotong Rambut Anak

By Ida Rosdalina, Rabu, 21 Juni 2017 | 08:30 WIB
10 Tindakan Pencegahan Saat Hendak Memotong Rambut Anak-anak (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Setiap orang tua mungkin takut ketika akan memotong rambut anak. Mereka biasanya menunda-nunda saat untuk memotong rambut, dan menunggu hingga anak besar. Tapi, ada satu titik ketika potong rambut bagi anak penting dan orang tua menjadi paranoid.

Tak ada anak yang tenang dan diam ketika dipotong rambutnya. Suasana salon, kaca besar, gunting, sisir, dan seragam penata rambut membuat mereka bingung dan segala keonaran kanak-kanak pun dimulai. 

Perhatian utama yang dimiliki semua orang tua sehubungan dengan potong rambut anak adalah anak bisa tetap aman tanpa meninggalkan luka. Selanjutnya, Ibu juga harus menentukan potongan rambut yang bagus untuk anak. Untuk memastikan sesi potong rambut anak berjalan dengan aman, ada beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan oleh orangtua. Berikut ulasan lengkapnya!

1# Pilih Salon yang Tepat

Bila menyangkut potongan rambut anak, sangat penting memilih salon yang tepat. Jangan membawa anak ke tukang cukur tertentu hanya karena tukang cukur itu bagus untuk Ayah. Pilih salon tempat penata rambut yang ahli menata rambut anak-anak.

(Baca juga : Mama, Tolong Cukur Rambut Bayi 7 Hari Setelah Lahir. Ini Alasannya)

2# Periksa Suasana Salon Sebelumnya

Sering kali, anak mungkin benar-benar tidak dapat diatur saat akan dipotong rambutnya di salon, sehingga melakukannya di rumah bisa berlangsung lebih mudah. Hal ini disebabkan karena anak lebih nyaman pada suasana rumah daripada di salon.

Dalam hal ini, pastikan lokasi pemotongan rambut terjadi di tempat yang diinginkan anak. Ibu tidak bisa menanyakan hal ini langsung kepada anak, tapi Ibu harus mengerti dari perilaku atau dari pengalaman anak di masa lalu.

3# Jangan Terlalu Banyak Anggota Keluarga yang Menemani Anak ke Salon

Mungkin Ibu pernah pergi ke salon untuk memotong rambut anak, tapi seluruh keluarga juga ikut masuk ke dalam dan menyaksikannya. Sebenarnya, hal ini sama sekali tidak diperlukan. Biarkan Ibu atau Ayah yang menemani anak di salon agar prosesnya berjalan dengan cepat.

(Baca juga : Kenapa Batita Sulit Diajak Potong Rambut)