Ini Daftar Makanan Yang Kaya Sumber Vitamin D Bagi Anak

By Saeful Imam, Rabu, 5 Juli 2017 | 05:30 WIB
Ini Jenis Makanan Terbaik Yang Membuat Anak Cerdas (Gisela Niken)

Nakita.id - Pola hidup yang tak sehat, dengan cara mengonsumsi makanan cepat saji menjadi salah satu penyebab anak sering sakit. Padahal, Ibu harus tetap dalam kondisi fit karena anak sedang dalam masa belajar dan bereksplorasi. Sumber Vitamin D memiliki fungsi penting, salah satunya mengatur penyerapan kalsium dan fosfor serta memfasilitasi fungsi sistem kekebalan tubuh normal.

Vitamin D juga baik dalam mengurangi depresi dan meningkatkan penurunan berat badan. Bila nutrisi ini tidak terpenuhi, maka anak akan merasa lebih malas dan lebih lelah dari biasanya. Berikut daftar makanan yang kaya sumber vitamin D!

1. Susu: Susu sarat dengan vitamin D, dan pastikan anak mengonsumsi segelas susu harian. Vitamin D ditemukan dalam yogurt juga. Namun, penting untuk dicatat bahwa es krim dan keju, yang keduanya diperoleh dari susu, tidak mengandung Vitamin D.

(Baca juga : Ini Akibat Jika Mengonsumsi Vitamin D Terlalu Banyak)

2. Telur: Kuning telur adalah pilihan yang sangat populer untuk mendapatkan dosis vitamin D. Kita harus ingat, untuk memakan seluruh telur dan tidak membuangnya dari kuning telur, karena kuning telur didominasi oleh Vitamin D.

3. Jamur: Jamur memiliki kemampuan memproduksi Vitamin D saat terkena sinar matahari. Beberapa jamur biasanya tumbuh dalam kegelapan. Namun, jika jamur telah terkena sinar matahari, itu adalah pilihan tepat makanan yang bisa anak konsumsi. Satu porsi jamur memiliki jumlah vitamin D yang banyak di dalamnya.

4. Sereal: Makanan lain yang mengandung vitamin D untuk anak yang rewel makan adalah sereal. Sereal enak, renyah dan nyaman untuk diberikan anak-anak. Pilihlah sereal dengan kalori rendah, multi-grain, karena ini lebih sehat. Tidak semua sereal benar-benar sehat. Untuk mendapatkan dorongan super vitamin D, isi semangkuk sereal dengan segelas susu bergizi.

5. Jus Jeruk: Jika anak dibesarkan dengan pola makan vegetarian, anak masih bisa mendapatkan sebagian dari kebutuhan harian Vitamin D dari segelas jus jeruk yang menyegarkan. Kombinasikan dengan telur untuk sarapan.

(Baca juga : 5 Jenis Vitamin Penting Agar Bayi Sehat)

6. Produk Kedelai: Produk kedelai sarat dengan vitamin D, terutama susu kedelai. Susu kedelai mengandung lebih tinggi vitamin D daripada susu biasa, tapi susu kedelai juga mengandung protein yang jauh lebih tinggi daripada susu biasa. Oleh karena itu, kedelai dianggap sebagai sumber vitamin D yang sangat sehat.

7. Hati Ikan Cod: Ikan bisa menjadi sumber vitamin D. Termasuk ikan dalam menu makanan anak setiap hari. Hati ikan cod memiliki konsentrasi vitamin yang jauh lebih tinggi. Minyak hati ikan cod bisa dibeli dalam bentuk kapsul, dan bisa dikonsumsi 1-2 kali dalam sehari.

Para pakar percaya bahwa peningkatan kadar Vitamin D mampu meningkatkan mood seseorang, mengatasi penyakit dan sangat penting untuk kesehatan.