Sudahkah Anak Anda Cukup Minum Air?

By Ida Rosdalina, Jumat, 30 Juni 2017 | 22:15 WIB
Sudahkah Anak Cukup Minum Air? (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Perhatikan gejala-gejala berikut: pusing-pusing, kelelahan yang luar biasa, sakit kepala dan detak jantung tak teratur. Jika gejala-gejala ini ada pada anak Ibu, coba periksa apakah ia cukup asupan cairan?

Dehidrasi sangat memengaruhi performa anak sehari-sehari. Ia terlihat mudah lelah dan enggan bermain dengan teman-teman sebayanya. 

Mungkin anak Ibu jarang merasa haus, sehingga ia tidak merasa butuh minum. Untuk itu, Ibu perlu peka dan rajin mengingatkan anak untuk teratur minum air, terutama saat cuaca panas.

(Baca juga : Mencegah Dehidrasi Pada Bayi Karena Udara Panas dan Sebab Lain)

Setiap orang tua yang anaknya sakit dengan virus lambung tahu bahwa dehidrasi itu menakutkan. Tapi ternyata anak-anak yang mengalami sakit kepala, pusing, atau bahkan detak jantung tidak teratur juga bisa dikarenakan tidak cukup minum air putih.

Beberapa tanda umum yang harus diwaspadai adalah anak yang jarang buang air kecil, sakit kepala, pusing, letih, dan mulut kering. Anehnya, menurut KidsHealth.org, haus bukanlah tanda awal yang dapat diandalkan bahwa anak mengalami dehidrasi, karena pada saat mereka benar-benar haus, mereka mungkin sudah menderita gejala dehidrasi lainnya.

Air adalah solusi terbaik agar anak mendapatkan cairan yang mereka butuhkan, dan jika anak-anak berada di luar rumah untuk melakukan aktivitas di siang hari, buatlah mereka beristirahat setiap 20 menit atau lebih saat cuaca panas untuk mencegah dehidrasi.

(Baca juga : 3 Penyebab Dehidrasi Pada Bayi)

Berikut adalah beberapa gagasan untuk menjaga agar anak tetap terhidrasi selama cuaca panas.

- Siapkan botol air anak, dan tetapkan berapa botol air yang ia butuhkan untuk diminum setiap hari. Ibu bisa memberi anak hadiah jika ia menghabiskan seluruh air dalam botol. Ini akan membiasakan anak-anak untuk bertanggung jawab atas tubuh mereka sendiri, dan mengingatkan mereka untuk minum sepanjang hari.

(Baca juga : Kenapa Harus Minum 8 Gelas Setiap Hari)