Panduan bagi Bayi untuk Mulai Makan Padatan

By Ida Rosdalina, Sabtu, 1 Juli 2017 | 03:15 WIB
Finger food tak terbatas hanya biskuit. Sayuran, buah-buahan, atau makanan olahan lain yang bisa digenggam bayi juga bisa menjadi camilan (Santi Hartono)

Nakita.id - Ada banyak masalah kesehatan yang menjadi kekhawatiran para ibu saat mengenalkan bayi pada makanan padat, yaitu alergi, masalah pencernaan dan bahaya tersedak. Tenang, Bu! Beberapa tip mudah ini dapat membantu mengenalkan bayi mulai usia 6 bulan dengan makanan padat penambah nutrisi. Namun yang terpenting adalah memeriksakan diri ke dokter anak sebelum memulainya.

Dr. Douglas C. Curtiss, dokter anak yang terlatih di Yale mengingatkan orangtua baru bahwa seorang dokter anak harus menyetujui terlebih dahulu sebelum mempertimbangkan pedoman umum dari American Academy of Pediatrics tentang memulai padatan di usia 6 bulan.

Perhatikan tanda-tanda kesiapan

Jadi ketika dokter anak telah setuju, dan bayi telah menginjak usia 6 bulan, ada tanda kesiapan yang paling umum, termasuk anak yang memegang kepalanya sendiri dan menunjukkan ketertarikan pada makanan saat orangtua sedang makan, membuka mulut saat makanan dibawa mendekat ke arahnya.

(Baca juga : Risiko Potensial Saat Bayi Memulai Makanan Padat)

Bayi juga harus bisa memindahkan makanan ke bagian belakang tenggorokan dengan lidah. Untuk bayi yang lebih muda dan kurang matang cenderung mendorong lidah ke depan daripada menelan, menurut Dr. Douglas.

Dr. Danelle Fisher, ketua dokter anak di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, menambahkan, "Bayi siap untuk memulai makanan padat biasanya antara usia 4 dan 6 bulan. Mereka seharusnya sudah mencapai tiga tonggak utama agar siap untuk memulai: usia 4 bulan, berat 12 kilogram, kontrol kepala yang baik. Selain itu, tanda yang bagus bahwa bayi siap untuk mulai makanan padat adalah melihat orang tua sedang makan dan tampak penasaran atau menggerakkan mulut kecilnya.

Bereksperimen dengan makanan pertama bayi

Jika anak telah memenuhi kriteria yang dicantum Dr. Douglas dan Dr. Danelle dan mendapat persetujuan dari dokter anak, Ibu dapat beralih ke tahap selanjutnya untuk memberi makan. "Biasanya makanan pertama yang akan diperkenalkan adalah sereal gandum, seperti beras yang dicampur dengan air susu ibu sampai konsistensinya seperti puding dan diberi makan menggunakan sendoknya," jelas Dr. Douglas.

"Umumnya, kita mulai dengan satu kali makan per hari, sarapan atau makan malam, tergantung pilihan orang tua, meskipun orang tua memulai dengan sarapan pagi, biasanya kita menganjurkan untuk tidak melakukannya pada makanan pertama di pagi hari. Saat bayi pertama kali terbangun, ia mungkin terlalu lapar untuk mencoba mencari tahu makanan padat. Lebih baik memberinya apa yang ia sukai (menyusui) dan kemudian memberi makanan padat pada makanan kedua," tambahnya.

(Baca juga : Persiapan Makan Pada Bayi 6 Bulan yang Perlu Dilakukan)

Untuk makanan pertama di usia 4 sampai 6 bulan, Dr. Danelle mengatakan bahwa orang tua dapat mengenalkan sereal gandum yang direkomendasikan, seperti nasi atau oatmeal, bersama dengan sayuran. Buah juga merupakan pilihan populer untuk bayi kecil yang sedang mengembangkan selera citarasa mereka untuk pertama kalinya.