Sering Makan Daging yang Dibakar? Waspada Tingkatkan Risiko Kanker

By Finna Prima Handayani, Selasa, 3 April 2018 | 13:54 WIB
Risiko kanker akibat konsumsi daging bakar setiap hari (pexels.com)

Nakita.id - Sadar atau tidak jika beberapa makanan yang kita konsumsi setiap hari ternyata dapat memicu penyakit untuk tubuh, bahkan lebih parahnya dapat menimbulkan kematian.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi dengan perkaya pengetahuan mengenai kandungan yang terdapat pada makanan yang kita makan.

Percuma saja jika telah menerapkan pola hidup sehat, seperti melakukan olahraga ringan setiap hari, tetapi dalam mengonsumsi makanan harian ternyata dapat memengaruhi menurunnya kesetahan tubuh.

Terdapat beberapa makanan yang berbahaya apabila Moms konsumsi setiap hari dan dari makanan tersebut pun dapat memicu kematian.

BACA JUGA : Pilih Duduk Dekat Jendela Saat Naik Pesawat, Ini Alasan Medisnya!

Untuk sebagian orang, daging bakar merupakan hidangan yang lezat untuk disantap, tapi sangat bahaya jika kita mengonsumsi daging bakar setiap hari.

Sebab, pada daging yang dibakar mengandung senyawa kimia Heterocyclic Amines (HCAs) yang tidak baik untuk tubuh.

Senyawa kimia Heterocyclic Amines (HCAs) adalah bahan kimia karsinogenik yang terbentuk dari memasak daging otot seperti daging sapi, babi, unggas, dan ikan.

HCAs terbentuk ketika asam amino dan creatine yang merupakan zat kimia yang ditemukan di otot bereaksi pada suhu memasak yang tingi.

BACA JUGA : Hal Ini Akan Terjadi Pada Moms Jika Konsumsi Oatmeal Setiap Hari

Peneliti telah mengidentifikasi 17 HCAs yang berbeda yang dihasilkan dari memasak daging bakar yang dapat menimbulkan risiko kanker pada manusia.

The United States National Cancer Institute's Division of Cancer Epidemiology and Genetics menemukan hubungan antara orang-orang pengidap kanker perut dengan kebiasaan mengonsumsi daging matang dengan proses pembakaran.