Permen Karet Bisa Membantu Pemulihan Operasi Caesar

By Ida Rosdalina, Kamis, 6 Juli 2017 | 08:30 WIB
Permen Karet Bisa Membantu Pemulihan Operasi Caesar (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Sudah waktunya melahirkan? Permen karet perlu menjadi daftar barang bawaan sebelum Ibu dan suami pergi ke rumah sakit. Para ahli telah menemukan bahwa ibu baru yang melahirkan melalui operasi caesar harus mengunyah permen karet selama sekitar 30 menit, sebanyak tiga kali sehari setelah operasi untuk membantu memulihkan fungsi usus normal.

Satu dari lima perempuan yang didiagnosis dengan kondisi pascaoperasi ileus, setelah operasi caesar, mengalami gerakan usus yang kian melambat atau berhenti sepenuhnya.

Peneliti Dr Vincenzo Berghella dari Thomas Jefferson University Hospital di Philadelphia mengatakan bahwa gejala ini meliputi kembung, sakit perut dan merasa sakit. Timnya mengamati 17 penelitian yang berbeda dan mengajukan pertanyaan: "Berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi ibu baru untuk buang angin setelah operasi caesar?"

(Baca juga : Tidak Benar Menelan Permen Karet Bikin Kita Mati)

Alasannya, karena lewatnya angin menunjukkan bahwa perut berada dalam kondisi kerja yang baik. Jika kita tidak bisa buang angin, maka kondisi ini menunjukkan bahwa kita memiliki penyumbatan di dalam usus.

Sementara, permen karet bisa menipu tubuh kita agar berpikir bahwa tindakan ini layaknya kita sedang makan dan mengirim pesan ke usus untuk mulai bekerja seperti biasa.

Periset menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet akan buang angin sekitar 23 jam setelah operasi caesar, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengunyah permen karet akan buang angin setelah 29,5 jam setelah operasi.

(Baca juga : 5 Perubahan Vagina Setelah Melahirkan)

Perbedaannya enam setengah jam lebih cepat, yang berarti hal ini bisa membantu ibu baru melahirkan dalam meredakan ketidaknyamanan lebih cepat, hanya dengan mengunyah permen karet.

Para peneliti mengatakan bahwa temuan tersebut menunjukkan bahwa permen karet bisa menjadi cara yang murah dan mudah bagi ibu baru untuk mendapatkan usus yang bekerja lebih cepat.

Studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Maternal-Fetal and Neonatal Medicine, mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet selama sekitar 30 menit tiga kali sehari setelah persalinan caesar akan membantu pemulihan awal masalah usus. Jadi, ingin mencobanya, Bu?

(Baca juga : 6 Kondisi Ibu Setelah Bersalin)