Penting! Ini Efek Buruk Ketika Anak Sering Membawa Tas Sekolah yang Berat

By Ida Rosdalina, Jumat, 7 Juli 2017 | 08:45 WIB
Penting! Ini Efek Buruk yang Terjadi Ketika Anak Sering Membawa Tas Sekolah yang Berat (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Liburan usai sebentar lagi dan ini tandanya anak harus kembali bersekolah! Kebiasaan orang tua tidak terlalu memperhatikan bahaya dari bobot tas sekolah anak-anak yang terlampau berat.

Ini tidak hanya akan menghambat sekolah anak, tapi juga menyebabkan masalah pada punggung dan postur tubuhnya. Dr Zinal Unadkat mengatakan, ”Anak-anak kehilangan minat untuk datang ke sekolah karena adanya tekanan membawa tas berat. Pikiran mereka terbebani dengan berat buku dan ini menyebabkan rentang perhatian yang rendah.”

Menurut Dr Zubeir Patel, berat maksimum yang harus dibawa seorang anak adalah sepersepuluh (10%) dari berat badan mereka termasuk semua hal seperti botol air, kotak makan siang, dan sebagainya.

(Baca juga : Hati-hati Bahaya Tempat Tidur bagi Anak)

Membawa ransel yang sangat berat dapat menyebabkan masalah muskuloskeletal, terutama jika anak membawa tas hanya di satu bahu. Ini akan memberikan tekanan ekstra di satu sisi, sehingga memiringkan tulang belakangnya.

Dr Zinal juga menunjukkan bahwa tas anak yang diletakkan dan kemudian dibawa kembali oleh anak cenderung lebih berbahaya bagi tulang belakang anak yang terus tumbuh dibandingkan dengan anak yang tetap terus berjalan dengan beban statis.

Dr Zubeir menjelaskan, ”Untuk membawa tas yang berat, anak harus mencondongkan tubuh ke depan. Hal ini menyebabkan berkembangnya postur tubuh yang buruk.” Tulang belakang adalah kumpulan tulang yang disebut kolom vertebral dengan tulang yang dipisahkan oleh tulang rawan yang disebut disk vertebra interfer dan ditahan dengan tegak oleh otot dan ligamen di sekitarnya.

(Baca juga : Bahaya Bertengkar di Depan Anak)

Kelebihan berat badan memberi tekanan yang tidak semestinya pada otot, ligamen dan disk sehingga akan merusaknya. Dengan kata lain, tas yang berat akan berisiko pada kesehatan dan perkembangan fisik anak karena terjadi hambatan pada pertumbuhannya secara keseluruhannya.

Efek buruk jangka pendek, antara lain:

Efek buruk jangka panjang:

Beberapa saran berguna yang dikemukakan oleh Dr Smarajit Chakrabarty, yaitu:

(Baca juga : Pentingnya Mengajarkan Insting Anak Saat Situasi Bahaya)