Cara Mencegah Balita Agar Tidak Ikut-ikutan Orangtuanya Menggunakan Kosmetik

By Ida Rosdalina, Rabu, 12 Juli 2017 | 04:45 WIB
Cara Mencegah Balita Agar Tidak Ikut-ikutan Orangtuanya Menggunakan Kosmetik (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Anak-anak punya rasa penasaran yang tinggi, tak terkecuali anak-anak yang baru menginjak usia 4 sampai 5 tahun. Mereka sering mengikuti perilaku dan kebiasaan orangtuanya. Misalnya, balita perempuan yang sering mengamati dan mencoba kosmetik milik ibunya.

Seperti pada balita pada umumnya, begitu mereka meminta sesuatu, dan ditolak, maka yang terjadi kemudian ialah tangisan anak yang semakin menguat dan berkepanjangan.

Tapi, jika Ibu tidak ingin anak sering-sering menggunakan kosmetik, sebaiknya jangan sekali-kali berada di sekitar anak saat Ibu sedang bercermin untuk mengoleskan kosmetik di wajah. Tunggu anak tidur, atau lakukan di luar rumah.

Kemungkinan anak tertarik dengan warna-warni gliter dan tekstur kosmetik yang Ibu miliki. Guna mencegahnya, berikut adalah beberapa tip yang mungkin akan membantu:

(Baca juga : Ini Kosmetik yang Boleh dan Tidak Boleh Digunakan Selama Kehamilan)

1. Jelaskan bahwa kosmetik adalah "hal dewasa": Orang tua pasti akan melarang anak untuk melakukan hal-hal negatif. Jadi jelaskan hal-hal yang hanya boleh dilakukan orang dewasa, makeup adalah salah satunya. Berikan pengertian padanya bahwa ia boleh menggunakannya ketika sudah dewasa. Katakan secara jujur! Jelaskan pula kepada anak bahwa hal-hal tertentu tidak sesuai untuk anak-anak.

2. Jangan gunakan kosmetik di sekitar anak: Cara terbaik yang bisa Ibu lakukan adalah pergi ke ruangan pribadi atau di luar rumah jika ingin menggunakan makeup,  jangan di sekitar balita. Selain anak akan menjatuhkan dan membuat berantakan, anak akan mulai belajar menggunakan kosmetik di wajahnya.

(Baca juga : Kosmetik Tak Aman Sebabkan Janin Cacat)

3. Jelaskan bahwa kosmetik tidak berarti indah: Tidak sulit bagi anak untuk mulai mempelajari tentang kecantikan. Cara Ibu memandang arti kecantikan dan kosmetik bisa sangat mempengaruhi anak-anak. Jadi, sebagai orangtua yang bertanggung jawab, jangan biarkan anak mengasosiasikan makeup sebagai bentuk dari keindahan.

Jangan memberikan pesan kepada anak bahwa dengan menggunakan makeup akan membuat kita terlihat cantik. Pada usia anak yang masih kecil ini, ia perlu belajar mencintai dirinya sendiri dan harga diri sebelum wajahnya dipulas dengan berbagai brand kosmetik.

(Baca juga : Ini Bahaya Pelampung Leher Bagi Bayi yang Ibu Belum Tahu)