5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Laki-laki

By Ida Rosdalina, Rabu, 12 Juli 2017 | 06:00 WIB
Memahami bahasa tubuh anak dapat melihat betapa si kecil sangat cinta Mama (Gisela Niken)

Nakita.id - Bicara soal membangun kepercayaan diri seorang anak, anak laki-laki dan permepuan tidak diciptakan sama. Memang, kedua jenis kelamin ini bisa mengalami rasa rendah diri, dan keduanya pun bisa mendapatkan manfaat dari pujian. Namun, karena anak laki-laki cenderung tidak terlalu bersentuhan dengan emosi, mungkin butuh beberapa metode yang lebih halus untuk menaikkan rasa percaya diri mereka. 

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu mengubah anak menjadi laki-laki yang percaya diri.

1 # Bangun Kosa Kata Emosi

Tidak seperti anak perempuan, anak laki-laki tidak sering dilatih untuk membicarakan perasaan mereka. Jadi, mereka akan menjaga hal-hal di dalam hati dan tidak pernah belajar bagaimana menangani rasa sakit dengan benar.

Dengan bisa mengekspresikan emosinya, anak akan merasa lebih mudah bekerja dan melalui apa pun yang menyusahkannya. Orang tua yang melatih ekspresi emosi juga memberi mereka pemahaman yang lebih baik tentang pola pikir anak, sehingga lebih mudah untuk membantunya.

(Baca juga : Yang Merusak Rasa Percaya Diri Anak)

2 # Tingkatkan Kekuatan Nonfisik

Karena tayangan-tayangan di berbagai media, anak laki-laki berpikir bahwa atribut laki-laki yang paling penting adalah kekuatan fisiknya. Karena hal ini dianggap salah, ajarkan anak tentang sifat-sifat yang penting, seperti kecerdasan, kasih sayang, dan niat baik. Pujilah anak saat ia berusaha keras untuk mewujudkannya.

3 # Lakukan Hal yang Anak Sukai

Dengan berpartisipasi dalam hobi anak, orang tua menunjukkan bahwa Ayah dan Ibu peduli dengan hal-hal yang penting baginya. Hal ini membuat ia merasa penting, yang pada saatnya akan meningkatkan kepercayaan dirinya.

(Baca juga : 3 Tanda Si Kecil Kurang Percaya Diri)

4 # Ajarkan Tanggung Jawab