5 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Ayam untuk Bayi

By Ida Rosdalina, Minggu, 16 Juli 2017 | 09:45 WIB
5 Jenis Nutrisi Yang Dibutuhkan Agar Bayi Sehat Dan Cerdas (Gisela Niken)

Nakita.id - Buah dan sayuran sudah teruji baik dan menyehatkan bagi bayi. Tapi, beberapa orang tua non-vegetarian mungkin ingin mengenalkan bayi pada nutrisi dari ayam sedini mungkin.

Ayam memiliki beberapa manfaat gizi karena rendah lemak dan tinggi akan protein yang berguna bagi pembangunan anak-anak. Mengolah ayam juga terasa lebih mudah dan enak.

Kapan Bayi Bisa Makan Ayam?

Seorang bayi bisa mulai makan ayam dari bulan keenam, yaitu saat makanan padat diperkenalkan dalam makanannya selain ASI. Caranya? Mulailah dengan dua porsi bubur ayam per hari dengan masing-masing porsi tidak lebih dari dua sendok makan. Secara bertahap tingkatkan ukuran porsi.

(Baca juga : Hindari Memberi Makanan Hambar Pada Bayi)

Manfaat Kesehatan Ayam Bagi Bayi

Cara Memilih dan Menyimpan Ayam

(Baca juga : Hindari Mencairkan Bubur Bayi dengan Susu)

1. Beli ayam segar dari toko yang higienis, di mana ayam terlebih dahulu sudah dibersihkan dan berpakaian dengan baik. Setiap daging, termasuk ayam, rentan terhadap kontaminasi bakteri. Oleh karena itu, jangan pernah mengolah ayam dalam keadaan beku. Ini bisa mengandung patogen yang membahayakan bayi.

2. Pilih ayam organik segar, yang bebas dari antibiotik dan hormon. Jangan sekali-kali membeli ayam asin atau paket yang diproses dengan bahan pengawet.

3. Beli ayam dengan jumlah yang dibutuhkan untuk bayi. Jangan membekukan sisa ayam atau makanan bayi yang terbuat dari bahan ayam karena bakteri bisa menyebar dengan mudah di dalamnya.