Ini Kegiatan yang Membantu Batita Mengenal Warna

By Ida Rosdalina, Rabu, 26 Juli 2017 | 09:45 WIB
Kiat Memilih Taman Bermain (Ipoel )

Nakita.id - Bayi yang baru lahir hanya bisa melihat warna hitam dan putih untuk beberapa hari pertama kehidupannya. Tapi, saat penglihatannya sudah mulai menajam, ia akan mulai tertarik pada warna. Bahkan saat masih bayi, kita bisa melihat bahwa bayi lebih menyukai warna dan nuansa tertentu.

Nah, ketika anak mulai menunjukkan kecenderungan itu, inilah saat yang tepat untuk mulai mengajarinya mengenal warna-warna. Sama seperti belajar abjad dan angka, mengenali warna juga penting untuk perkembangan anak.

Oleh karena itu, ada begitu banyak kegiatan dan permainan yang didedikasikan untuk mengidentifikasi warna. Saat Ibu mulai mengajarkan warna pada anak, jangan menyuruhnya untuk mengenali semua warna sekaligus. Ada banyak metode yang bisa membantu anak belajar warna, di antaranya:

(Baca juga : Tips Mengenalkan Warna pada Anak tanpa Membuatnya Bingung)

  1. Kotak warna: Berikan waktu satu minggu untuk belajar hanya dengan satu warna. Kumpulkan kotak yang berisi benda-benda dengan warna tertentu. Misalnya, jika minggu ini kita ingin mengenalkan warna merah, susun kotak berisi mainan merah, tomat, paprika merah dan sebagainya. Ibu juga bisa menempatkan benda merah di sekeliling rumah dan meminta anak untuk mengumpulkan barang-barang yang berwarna merah. Begitu juga melakukan aktivitas dengan warna lain.
  2. Melihat warna-warna di lingkungan sekitar: Kapan pun Ibu dan anak berada di luar dan sekitar, mintalah anak untuk melihat warna tertentu di sekitarnya. Ibu bisa memintanya untuk melihat warna pada bunga, mobil, lampu lalu lintas, atau apa saja yang membantu anak mengingat tentang warna.
  3. Pilih Warna: Permainan ini adalah cara terbaik untuk membantu anak mulai mengenali warna. Begitu anak memiliki beberapa pemahaman atas satu dua warna, mainkan permainan ini untuk membuatnya tertarik dan biarkan ia memasukkan pengetahuannya untuk digunakan secara langsung.
  4. Pisahkan warnanya: Berikan anak berbagai objek dengan warna-warni berbeda dan mintalah ia untuk memisahkan objek berdasarkan warna yang dipilih anak dan taruh di tumpukan yang berbeda. Agar permainan ini lebih menarik, Ibu bisa meluangkan waktu dan menggunakan stopwatch. Berikan sorak-sorai dan bertepuk tangan untuk mendukung permainan ini menjadi lebih seru.
  5. Berikan buku mewarnai seukuran jumbo: Anak-anak sangat suka mencorat-coret. Untuk itu belilah satu buku mewarnai seukuran jumbo dan  koleksi krayon. Beritahu anak untuk menebak warna mana yang sesuai dan berikan ia warna pada halamannya. Anak akan sangat senang saat menyelesaikan karya seninya, dan juga akan belajar mengenali warna pada saat bersamaan.

(Baca juga : Cara Mengenalkan Warna pada Anak)