Yuk, Bikin Kreasi Stempel Jari bersama Anak Usia 1 Tahun

By Ida Rosdalina, Rabu, 26 Juli 2017 | 10:15 WIB
5 Kegiatan Kreasi Stempel Jari yang Bisa Mengasah Kreativitas Anak Usia 1 Tahun (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Melakukan kegiatan melukis bersama anak yang telah menginjak usia satu tahun adalah aktivitas yang menakjubkan, di mana anak dapat bermain secara berantakan, yang juga berfungsi sebagai permainan sensorik.

Ibu bisa menggunakan stempel jari buatan sendiri agar batita bisa melukis dan menjadi kreatif, tanpa khawatir apa yang akan terjadi jika ia berusaha untuk menjilatinya. Jika orang tua sudah mulai memberikan anak permainan stempel jari  sejak dini, anak hanya akan menggali kreativitasnya lebih baik.

Anak usia satu tahun suka sekali menjadi berantakan. Tapi, biarkan anak berantakan seperti yang ia inginkan dan ajarkan anak untuk membuat karya seni melalui jari, yang nantinya bisa Ibu ubah menjadi sebuah karya seni.

(Baca juga : 10 Ide Lucu dan Kreatif dalam Mengasuh Anak yang Patut Dicoba)

1# Stempel jari ayam atau burung: Ambil sidik jari anak dalam satu warna dan mulailah membuat mata dan paruh menggunakan ibu jari. Jari lainnya bisa membentuk bulu, sedangkan jari kelingking bisa membuat ekor. Ibu dapat membantunya bermain tekstur dengan menempelkan bulu dan potongan lainnya, lalu mengayunkan lukisan ayam atau burung tersebut seakan-akan terbang.

2# Pohon cinta: Ambil sidik jari anak menggunakan cat warna hijau, atau warna pilihan sendiri. Gambarlah batang pohon dengan warna cokelat, mulai dari dasar. Jari-jarinya bisa dibuat menjadi ranting-rantingnya, dan menggunakan cap busa dalam bentuk hati untuk membantu anak membuat daun berbentuk hati di seluruh pohon.

3# Stempel jari pelangi: Warnai telapak tangan anak dengan berbagai warna pelangi dan ambil beberapa cetakan dalam bentuk pelangi. Bentuklah awan dengan mengambil stempel kakinya di kedua ujung pelangi.

(Baca juga : 10 Permainan Sederhana yang Mencerdaskan Untuk Bayi)

4# Stempel jari kupu-kupu: Letakkan kedua sidik jari anak agar terlihat seperti bentuk sayap kupu-kupu. Ibu bisa membuatnya lebih menarik dengan menggunakan media yang berbeda seperti tongkat untuk membuat tubuh, gliter agar membuatnya berkilau dan bahkan tempelkan potongan kertas yang berbeda untuk membuat sayap berwarna-warni.

5# Stempel keluarga jari: Semua anak menyukai 'keluarga jari'. Untuk itu, Ibu bisa menggunakan konsep yang sama dengan aktivitas stempel jari. Setelah mengambil sidik jari anak, Ibu bisa menggambar wajah di masing-masing ujung jari dan kreasikan keluarga jari bersama anak.

(Baca juga : Kreatif Manfaatkan Mainan)

Sebagai Catatan:

  1. Jika Ibu menggunakan cat yang dibeli di toko, pastikan bahannya ramah di kulit anak, tidak beracun dan aman. Seorang batita berumur setahun bisa dengan mudah memasukkan beberapa cat ke dalam mulutnya, jadi tolong hati-hati.
  2. Awasi secara ketat ketika anak sedang bermain dengan cat.
  3. Lakukan aktivitas ini tepat sebelum waktu mandi anak. Sehingga, ketika tubuh anak sudah banyak dilumuri cat,  ia bisa langsung masuk bak mandi.