Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Selulit

By Saeful Imam, Kamis, 20 Juli 2017 | 00:15 WIB
Menghilangkan selulit secara alami bisa menggunakan bahan yang mudah (Gisela Niken)

Nakita.id - Selulit telah menjadi permasalahan serius yang banyak dialami perempuan, termasuk artis Hollywood papan atas seperti Kim Kardashian. Sementara, banyak dari kita yang memiliki selulit, namun tak begitu paham tentangnya atau tidak tahu cara menghilangkannya.

Apa itu selulit?

Menurut Medical News Today, selulit juga dikenal sebagai kulit jeruk, yang merupakan kondisi yang menyebabkan kulit terlihat pipih dan tebal.

(Baca juga : Ini Dia Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami)

Kondisi tersebut terjadi saat timbunan lemak menekan melalui jaringan ikat di bawah kulit. Hal ini menciptakan permukaan yang tidak rata pada kulit yang bisa menyerupai kulit jeruk atau keju cottage. Meski begitu, selulit sama sekali tidak berbahaya.

Siapa yang lebih mungkin memiliki selulit dan mengapa?

Menurut Medical News Today, selulit lebih sering terjadi pada perempuan daripada laki-laki yang disebabkan cara lemak mendistribusikan ke seluruh tubuh. Selulit lebih sering terjadi di paha, pinggul, dan pantat.

(Baca juga : Mau Mengurangi Selulit Usai Melahirkan)

Selulit juga lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia karena kulit kita mulai kehilangan keelastisitasnya, dan cenderung muncul setelah usia 25 tahun. Selain itu, perubahan hormon yang terkait dengan penuaan, seperti penurunan estrogen, juga dapat meningkatkan risiko.

Bertambah berat badan atau kelebihan berat badan, dan kehamilan juga dapat meningkatkan risiko pengembangan selulit. Ini juga bisa disebabkan karena kita mengonsumsi terlalu banyak lemak, garam, karbohidrat, terlalu sedikit serat, dan tidak berolahraga.

Periset percaya bahwa genetika dapat memainkan peran terbesar kemungkinan timbulnya selulit. Faktor genetik ini dapat mempengaruhi metabolisme seseorang, distribusi lemak di bawah kulit, dan tingkat peredaran darahnya.

Beberapa cara untuk mengurangi selulit