Bayi Rentan Mengalami Sakit Mata. Ini Sebab dan Cara Mengobatinya!

By Saeful Imam, Kamis, 20 Juli 2017 | 07:45 WIB
Bayi Rentan Mengalami Sakit Mata. Ini Sebab dan Cara Mengobatinya! (Saeful Imam)

Nakita.id - Jika bagian putih mata dan bagian dalam mata bayi menjadi merah, mungkin saja ia memiliki kondisi yang disebut konjungtivitis atau yang dikenal sebagai pink eye.

Pink eye adalah sebuah kondisi peradangan mata, yang bisa terasa nyeri dan gatal, dan biasanya menandakan adanya infeksi, namun bisa juga karena penyebab lain, seperti iritasi, reaksi alergi, atau kondisi yang lebih serius.

(Baca juga : 5 Gejala Penyakit Mata pada Anak)

Infeksi mata yang serius dapat terjadi akibat paparan bakteri selama perjalanan bayi melalui jalan lahir ketika proses persalinan berlangsung. Itulah sebabnya, semua bayi dapat diobati dengan menggunakan salep mata antibiotik atau obat tetes di ruang persalinan. Infeksi tersebut harus diobati dini untuk mencegah komplikasi serius.

Setelah bayi lahir, mungkin infeksi ini menjadi tidak nyaman, karena ia mengalami mata yang kemerahan dan kotoran kuning yang biasanya timbul bersamaan. Beberapa virus, atau bakteri yang berbeda dapat menjadi penyebab utama.

(Baca juga : 5 Jenis Infeksi Mata pada Bayi Serta Cara Mengatasinya)

Banyak bayi mengembangkan mata yang lengket dan cukup normal bagi mereka untuk memiliki zat lengket kekuningan di sudut mata yang terkadang bisa terlihat berkerak atau seperti serpihan, terutama setelah tidur siang.

Jika bayi tidak mengalami lengket pada bagian matanya yang kecil, kotoran mata bisa dibersihkan dengan menggunakan kapas dan air steril (air yang telah direbus lalu dibiarkan dingin).

Pastikan saat membersihkan ujung kepala bayi, mata juga ikut dibersihkan. Gunakanlah kapas bersih untuk membersihkan setiap mata. Kedua tip ini membantu mencegah kontaminasi silang jika terjadi infeksi.

Jika dokter anak mengindikasikan bahwa masalahnya disebabkan oleh bakteri, tetes mata antibiotik adalah pengobatan yang biasa. Namun, konjungtivitis yang disebabkan oleh virus tidak boleh diobati dengan antibiotik.

(Baca juga : Penyebab Iritasi Mata pada Anak Serta Solusinya)

Hindari kontak langsung dengan mata anak sampai obat tersebut digunakan selama beberapa hari dan ada bukti kesembuhannya dengan matanya yang tak kemerahan. lagi Hati-hati, Bu! Cucilah tangan sebelum dan sesudah menyentuh area sekitar mata bayi yang terinfeksi.