Bahaya Obesitas Terhadap Pinggul Anak

By Saeful Imam, Kamis, 20 Juli 2017 | 08:15 WIB
Diet sehat dan cepat pada anak (Saeful Imam)

Nakita.id - Obesitas dapat menempatkan anak-anak pada peningkatan risiko penyakit pinggul, suatu kondisi yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan seumur hidup. Slipped Capital Femoral Epiphysis (SCFE) adalah penyakit pinggul yang paling umum yang bisa terjadi pada anak-anak.

Kondisi ini selalu memerlukan tindakan pembedahan, yang bisa menyebabkan rasa sakit yang signifikan, dan sering menyebabkan penggantian pinggul.

(Baca juga : 6 Cara Membantu Balita Melawan Obesitas)

"Akhirnya, studi ini membantu kita untuk lebih memahami salah satu penyakit utama yang mempengaruhi pinggul di masa kanak-kanak," kata salah satu penulis studi Daniel Perry dari Institute of Translational Medicine, Universitas Liverpool, di Inggris.

Anak-anak dengan riwayat penyakit SCFE mengalami penurunan dalam rentang geraknya, dan sering kali tidak mampu menyelesaikan fleksi pinggul atau memutar pinggul sepenuhnya ke dalam. Deteksi awal terhadap SCFE penting karena istilah kondisi deformitas atau trauma pada sistem muskuloskeletal-nya memburuk jika tidak cepat diobati.

(Baca juga : Bahaya Obesitas Pada Bayi)

Dalam upaya untuk mengidentifikasi anak-anak yang berisiko tinggi terhadap kondisi ini, para peneliti memeriksa data-data untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang terkait dengan SCFE, dan penjelasan untuk penundaan diagnostik.

Dengan menggunakan pengukuran tinggi dan berat anak-anak sebelum penyakit tersebut didiagnosis, para periset dapat mengidentifikasi bahwa anak-anak obesitas berisiko tinggi terhadap kondisi ini, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Disease in Childhood.

(Baca juga : Waspadai, Obesitas Pada Anak)

"Ini adalah bukti terbaik yang ada, dan yang menghubungkan penyakit ini dengan obesitas masa kecil. Membuat kondisi ini menjadi satu-satunya penyakit terkait obesitas yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan seumur hidup dimulai pada masa kanak-kanak," kata Daniel.