Langkah Mudah Memecahkan Solusi Kecemasan Anak

By Ida Rosdalina, Minggu, 30 Juli 2017 | 11:30 WIB
Trik Jitu untuk Menolak Permintaan Anak (Gisela Niken)

Nakita.id - Anak-anak yang memiliki tingkat kecemasan tinggi bisa sangat rapuh. Jika kita sebagai ibu mau mencoba untuk meringankan kecemasan anak dan mendorong untuk mengatasi ketakutan dan kekhawatirannya sendiri, ada satu tip utama yang Ibu butuhkan, yaitu jangan biarkan anak menghindari hal-hal yang membuatnya merasa cemas setiap saat.

"Penghindaran," kata Dr. Robin Alter, seorang psikolog anak yang mengkhususkan diri pada kegelisahan, "benar-benar obat terbaik untuk kegelisahan dan saya mengatakannya dengan sangat baik. Mungkin ini cara terbaik untuk menjaga agar anak Anda tetap nyaman.”

Dr. Robin memberi contoh tentang seorang anak yang tidak ingin pergi ke pesta ulang tahun seorang teman, karena alasan rasa takut berpisah dengan ibunya atau kekhawatiran bahwa ia dan teman-temannya tidak akan cocok atau bersenang-senang.

(Baca juga : Trik Mengatasi Kecemasan pada Anak)

Kadang-kadang orang tua menganggap bahwa kasus ini bukanlah masalah besar, jika anak tidak menghadiri pesta ulang tahun temannya karena ia sangat mencemaskannya. Tapi pada dasarnya, memberi tahu anak bahwa penghindaran adalah strategi yang baik ternyata justru akan semakin memperkuat kegelisahannya.

Menghindari aktivitas yang menimbulkan kekhawatiran walaupun hanya satu kali akan mengkomunikasikan kepada anak bahwa ia akan selalu dikelilingi rasa cemas dan ia merasa harus terus melepaskan diri dari hal-hal yang membuatnya panik.

"Anak-anak bisa sangat manipulatif dalam hal kecemasan mereka," ujar Dr. Robin. Ia melanjutkan, "Mereka ingin mengendalikan situasi, sehingga mereka bisa menghindari apa yang mereka takuti, tapi saya selalu mendorong orang tua untuk berdiri teguh dan tidak membiarkan penghindaran menang dengan hal-hal kecil, karena mereka akan menempatkan diri mereka dalam posisi yang jauh lebih baik untuk yang lebih besar. Hal-hal, masalah yang lebih dalam."

(Baca juga : Anak Suka Mengintil Kemana-mana, Bentuk Kecemasan Berpisah)

Dr. Robin memberi kita beberapa tip untuk membantu anak tidak terus menghindari hal-hal yang membuatnya selalu merasa cemas.

Pertama, jangan melihat kondisi ini sebagai sebuah perjuangan besar. Ajarkan anak untuk tidak menyerah dan tidak menghindari segala bentuk kecemasannya guna mengajarkan strategi hidup positif kepada anak.

Kedua, perhatikan hal-hal yang diungkapkan anak tentang kecemasan dan situasi yang sangat ia hindari. Carilah tema besar seperti, apakah anak menghindari sosialisasi, atau apakah ia berusaha menjauh dari aktivitas tertentu, seperti olahraga?

Menemukan benang merah di antara kekhawatiran anak dan hal-hal yang ia hindari dapat membantu memecahkan masalah dan mengatasi kecemasan anak dengan cara yang positif dan konstruktif. Begitu, Bu! Jadi selalu dukung dan pahami kekhawatiran anak mulai sekarang agar ke depannya, ia lebih percaya diri dan bisa mengatasinya dengan lebih baik.

(Baca juga : Bisakah Alergi Makanan Menyebabkan Kecemasan pada Anak)