Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Merawat Bayi Kembar

By Ida Rosdalina, Senin, 31 Juli 2017 | 08:45 WIB
Dua bayi kembar yang lucu (Saeful Imam)

Nakita.id - Perasaan awal memiliki bayi kembar adalah kebahagiaan yang tidak terukur. Tapi, merawat dan membesarkan bayi kembar tidak semudah yang terlihat. Jika merawat satu bayi saja menguras banyak tenaga dan melelahkan, bayangkan jika kelelahan itu dilipat dua. 

Hal pertama yang perlu setiap ibu lakukan adalah membangun sebuah sistem pendukung. Bila hanya bekerja sama dengan pasangan saja untuk merawat si kembar, itu tidaklah cukup. Kita perlu kakek-nenek dan orang lain untuk bisa mendapatkan banyak pertolongan.

(Baca juga : Langka, Ibu Anak Kembar Kesundulan Bayi yang Juga Kembar, Sebelumnya Sang ibu Dinyatakan Tidak Subur)

Ada beberapa hal yang mungkin akan membantu Ibu merawat anak kembar dengan tepat, meliputi:

1# Kesehatan Mental dan Fisik Ibu Juga Penting

Jika Ibu selalu merasa bahagia dan rileks, bayi juga akan merasa rileks dan bahagia. Tidur nyenyak mungkin tidak bisa dilakukan dengan mudah ketika memiliki bayi kembar yang baru lahir, tapi ibu harus memanfaatkan setiap waktu luang untuk tidur.

Mintalah teman, keluarga, atau pembantu rumah tangga untuk merawat bayi untuk sementara waktu atau membantu mengerjakan tugas di rumah. Ini akan membebaskan diri sendiri untuk mendapatkan waktu untuk bersantai. Pastikan juga menjaga pola makan dengan teratur.

(Baca juga : Meski Kembar, Dua Bayi Ini Lahir dengan Jarak 5 Minggu)

2# Menyusui Bayi Kembar

Tubuh seorang ibu akan mampu menghasilkan susu sesuai permintaan dan kebutuhan bayi, meski kembar sekali pun. Jadi, kita tidak perlu khawatir. Ibu dapat memilih untuk menyusui bayi secara bersamaan, tapi hal ini mungkin sulit dilakukan, karena setiap bayi memiliki kebutuhan ASI yang berbeda.

Menyusui satu bayi setelah bayi lainnya akan membuat kita menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk menyusui. Jika Ibu bertekad untuk menyusui, kita dapat memilih untuk memompa susu dan menyimpannya. Dengan cara ini, kita bisa menyusui satu bayi sementara ASI dalam botol bisa diberikan pada bayi yang lain.

3# Mengelola Tugas Harian dengan Bayi Kembar