Trik dan Tip Memilih Mobil Keluarga

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 26 Juli 2017 | 04:00 WIB
Bepergian bersama bayi dengan mobil pribadi (Saeful Imam)

Nakita.id- Untuk memilih mobil keluarga, sekarang ini keluarga Indonesia akan langsung melirik MPV, lebih khusus lagi low MPV. Hal ini beralasan, karena hanya low MPV yang paling bisa mewakili apa yang diinginkan oleh keluarga Indonesia.

Baca juga: Trik Dan Tip Membeli Mobil Baru

Yang menjadi bahan pertimbangan antara lain: harga murah, bisa muat banyak penumpang paling tidak tujuh orang alias 7 seater, irtit bahan bakar, lincah, tahan banting untuk menembus kemacetan yang semakin parah, bisa digunakan harian juga jarak jauh, dan bisa membawa banyak barang.

Baca juga: 7 Keuntungan Memilih SUV Untuk Mobil Keluarga

Selain tujuh poin utama di atas, ada baiknya mempertimbangkan poin berikut dalam memilih kendaraan:

Desain Eksterior Poin pertama ini layak dipertimbangkan, karena bagaimanapun eksterior sebuah kendaraan yang kita gunakan akan mengangkat prestige pemilik, juga penggunanya. Jika demikian, pemilik akan happy juga senang mengendarainya ataupun memilikinya.

Desain Interior Hal ini pun jangan disepelakan, kenyamanan selama berada di dalam kabin kendaraan, poin utamanya terletak pada interior kendaraan. Jika interior membuat pemilik dan penggunanya nyaman dan semangat, tentu aktivitas yang akan dilakukan sehari-hari bersama sebuah kendaraan hasilnya akan semakin positif.

Fitur Hal ini yang satu ini jangan sekali-kali disepelekan. Karena fitur kendaraan mencerminkan teknologi yang dimiliki oleh sebuah kendaraan. Selain itu, untuk mendapatkan tujuh poin utama dalam memilih kendaraan roda empat, sebenarnya bisa diwakili dari fitur yang disematkan pabrikan pembuatanya dalam sebuah mobil.

Contoh, sebesar-besarnya bagasi pada sebuah kendaraan low MPV pasti hanya cukup untuk memuat koper ukuran sedang, galon air mineral dan stroler ukuran kecil, juga beberapa barang ukuran kecil.

Tapi jika pabrikan melengkapi dengan sebuah fitur seperti yang disematkan dalam Expander, membawa bawaan yang besar seperti sepeda, container box, bukan masalah. Begitu pun irit tidaknya konsumsi bahan bakar, sekarang ini tergantung teknologi yang disematkan pabrikan dalam mesin sebuah kendaraa roda empat. 

Baca juga: Fitur Mobil Penting Untuk Mobil Keluarga

Contoh terbaru varian mobil keluarga yang layak dipertimbangkan adalah Mitsubishi Expander. Perihal kompartemen penyimpanan barang di kabin, Expander bisa dibilang mempunyai kompartemen terbanyak di kelasnya. Ada 13 tempat untuk meletakkan botol.

Mobil ini juga menyediakan power supply pada setiap baris untuk mengakomodasi kebutuhan penumpang yang ingin mengisi ulang baterai ponsel atau gadget. Itu pun belum ditambah dengan USB port di depan.

Menurut Takaaki Kishii, Chief Product Specialist Product Strategy Division Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Jepang, banyaknya tempat menyimpan botol minum di kabin Expander alasannya karena cuaca di Indonesia membuat banyak orang butuh minum banyak. ”Di Indonesia udaranya panas dan lembab, penumpang di Indonesia biasanya membawa banyak botol air minum. Itu sebabnya kami membuatnya hingga 13 titik untuk menyimpan botol minuman,” ucap Kishii. (*)