Efek Samping Tidak Biasa dari Lemon

By Ida Rosdalina, Senin, 7 Agustus 2017 | 08:15 WIB
Efek Samping Tidak Biasa dari Lemon yang Belum Ibu Tahu (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Buah lemon atau jeruk nipis terkenal menjadi sumber vitamin C yang baik dan memiliki banyak efek bermanfaat pada tubuh manusia. Walau lemon lebih sering dicampurkan ke dalam bahan-bahan makanan pada umumnya, ada efek samping tak biasa dari lemon loh, Bu. Apa saja?

1# Tukak lambung:

Pembentukan luka atau bisul di lapisan dalam perut, esofagus bagian bawah atau usus halus bisa disebut ulkus peptikum atau tukak lambung. Hal ini mungkin disebabkan oleh kelebihan produksi asam di perut kita!

Jika mengonsumsi lemon secara berlebihan, maka kondisi perut akan menjadi sangat asam, sehingga menimbulkan korosi atau menyebabkan luka pada lapisan dalam organ pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan kondisi tukak lambung ringan atau berat.

(Baca juga : Minum Air Hangat Lemon Memang Sehat, Namun Ada Cara yang Lebih Menyehatkan)

2# GERD (Gastro Oesophageal Reflux Disease):

GERD adalah penyakit lain yang berhubungan dengan organ usus. Mual, muntah, nyeri di dada dan sakit tenggorokan adalah beberapa gejala penyakit ini. Paling populer dikenal sebagai "acid reflux", kondisi ini paling sering disebabkan oleh lemon.

Kandungan asam pada buah ini bisa bekerja pada otot yang memisahkan perut dari kerongkongan, sehingga melemahkan kekuatannya. Hal ini dapat meningkatkan produksi asam dalam perut yang mudah berpindah ke tenggorokan, sehingga menyebabkan sensasi terbakar dan dapat dengan mudah menimbulkan korosi pada lapisan dalam kerongkongan yang pada gilirannya menyebabkan gejala GERD.

3# Sering buang air kecil:

Meski buah ini dikemas dengan vitamin C, nutrisi penting bagi tubuh kita, lemon cenderung menyebabkan sering buang air kecil saat dikonsumsi dalam jumlah banyak. Hal ini juga bisa menyebabkan dehidrasi.

(Baca juga : Ini Berbagai Manfaat Lemon Bagi Rambut yang Tak Terduga)

4# Migrain: