Anak Perempuan Satu Tahun Asal Inggris Punya Banyak Memar di Kulit, Ternyata Ini Diagnosis dari Dokter!

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 26 Juli 2017 | 05:45 WIB
Anak Perempuan Satu Tahun Asal Inggris Punya Banyak Memar di Kulit, Ternyata Ini Diagnosis dari Dokter! (Santi Hartono)

Nakita.id - Viral! Seorang ibu berhasil menyelamatkan nyawa bayi perempuannya setelah ia mengenali tanda dan memar di kulit sebagai tanda-tanda leukemia. Laura Handley, saat itu sedang membaca sebuah berita tentang anak sekolah bernama James O'Mara, yang meninggal secara tragis setelah seminggu didiagnosis menderita kanker darah.

Ibu yang sekaligus atlet tenis berusia 29 tahun itu menyadari anaknya, Tazmin yang berusia satu tahun memiliki tanda yang sama di kulitnya dan kemudian ia segera dibawa ke dokter umum untuk melakukan biopsi sumsum tulang.

Hasilnya, Tazmin didiagnosis menderita acute myeloid leukemia (AML) yang berkembang dengan cepat dan agresif dan perlu penanganan medis secepatnya.

Baca juga : Waspada, Ini Gejala Kanker Darah yang Sering Dialami Anak

Laura sendiri merasa bersyukur karena telah mempercayai naluri ibunya, sehingga kondisi penyakit mematikan yang mengancam nyawa si kecil ini bisa ditangani lebih dini.

"Kami sangat terkejut. Jika saya tidak membaca cerita tentang anak malang itu, saya tidak akan membawanya ke dokter. Anda harus mempercayai naluri Anda, saya hanya tahu ada yang tidak beres dengan putri kami,” ungkap Laura lega.

Awalnya, orangtua Tazmin tidak terlalu memikirkan memar dan tanda-tanda luka lainnya di tangan anaknya dan menganggap bahwa hal ini terjadi akibat si anak yang merasa canggung.

Baca juga : Kenali Tanda Kanker Darah Pada Anak

"Kami terus-menerus menganggapnya kikuk, karena ia sangat canggung, dan bahkan konsultan tersebut mengatakan bahwa jika ia (Tazmin) adalah anaknya, ia tidak akan membawanya ke dokter karena ia baik-baik saja," kenang Laura.

Hasil tes kesehatan kemudian menunjukkan, Tazmin memiliki tanda-tanda penyakit kanker darah dan segera dikirim ke Rumah Sakit Anak-anak Birmingham untuk tindakan kemoterapi. Dokter yang menangani Tazmin mendeteksi adanya myelodysplasia, atau kelainan darah yang menyebabkan penurunan jumlah sel darah sehat manusia.

Sementara dikatakan bahwa AML merupakan salah satu jenis kanker langka yang menyerang sekitar 2.600 orang setiap tahun di Inggris. Keluarga Handley kini pun merasa lega karena anaknya pun terselamatkan. Kini, kondisi Tazmin pun semakin sehat dan membaik.

Baca juga : 7 Tanda Kanker ini Sering Diabaikan Wanita

Ingat Bu, biasakanlah memahami gejala-gejala biasa atau tak biasa pada anak. Karena bisa saja, anak yang tampaknya ‘sehat’, ternyata menderita penyakit serius yang dapat mengancam jiwanya.

Sumber : http://www.dailymail.co.uk/health/article-4728096/Mother-saved-baby-s-life-spotting-bruises.html