Mudah untuk Dilakukan, Ini Dia Metode Diet Sehat Tanpa Efek Samping!

By Saeful Imam, Rabu, 26 Juli 2017 | 09:30 WIB
Saat diet, timbang berat badan Ibu setiap hari. (Dini Felicitas)

Nakita.id – Menurunkan berat badan tidak hanya sembarang mengurangi makanan dan olahraga keras. Diet yang asal-asalan justru bisa memberikan efek samping yang bisa membahayakan tubuh. Mau coba diet sehat tanpa efek samping? Ini yang perlu perhatikan.

Baca juga: Turunkan Berat Badan 7 Kilo Dalam Seminggu Dengan Diet Sehat ini 

1. Mengurangi asupan gula

Tak perlu mengurangi banyak makanan, Ibu hanya perlu memilih makanan atau asupan yang tidak mengandung tinggi gula. Asupan gula akan merangsang sekresi insulin yang paling banyak. Insulin ini merupakan hormon penyimpanan lemak utama di tubuh.

Sarah Flower, seorang ahli gizi mengungkapkan gula juga dapat membuat ketidakseimbangan hormon. Kondisi ini akan berpengaruh pada produksi hormon ghrelin, hormon yang mengatur rasa lapar. Gula yang berlebihan juga memperlambat respon leptin yang menghilangkan rasa kenyang.

Baca juga: Langsing Cepat dan Sehat dengan Diet Mayo

2. Olahraga kardio dan melatih kekuatan

Olahraga boleh-boleh saja tetapi pastikan Ibu tahu olahraga yang tepat. Michael Dansinger, MD, mengungkapkan salah satu cara tepat untuk membakar kalori paling banyak adalah dengan kardio.

Olahraga kardio menjadi pilihan tepat bagi Ibu yang ingin menurunkan berat badan. Jogging, bersepeda atau melakukan senam aerobik menjadi contoh olahraga kardio yang bisa Ibu coba. Tak perlu muluk-muluk dalam melakukan olahraga, Ibu bisa memulai olahraga dengan 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

Ketika sudah terbiasa olahraga, Ibu bisa menaikkan tingkat olahraga dengan latihan kekuatan. Agar lebih aman, Ibu bisa minta bantuan personal trainer atau mencari video tutorial di Youtube bagaimana melatih kekuatan dengan bantuan barbel yang bisa Ibu lakukan sendiri di rumah.

Baca juga:Ingin Cepat Turunkan Berat Badan? Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan 

3. Tetap sarapan.

Sebuah penelitian di Harvard University menunjukkan bahwa sarapan dapat memberikan stamina lebih baik, meningkatkan konsentrasi serta membuat tubuh lebih sehat. Sebuah studi bahkan menunjukkan 78% orang berhasil diet dengan tetap sarapan setiap pagi.

Ibu tak perlu lagi menahan rasa lapar di pagi hari. Justru dengan sarapan akan menghindari Ibu merasa lemas pada siang harinya. Pilihlah menu sarapan yang tepat dan tidak berlebihan. Menu kaya protein dan serat baik agar Ibu tak mudah lapar dan memenuhi nutrisi seharian.