Ingin Anak Pintar? Kenalkan Musik Sedini Mungkin

By Saeful Imam, Senin, 7 Agustus 2017 | 04:15 WIB
Bermain musik adalah pangkal pintar (Saeful Imam)

Nakita.id - Music smart adalah pangkal kecerdasan. Ini karena untuk menguasai sebuah musik, anak harus melibatkan segenap kepintarannya. Untuk memainkan musik anak perlu kemampuan menyanyikan sebuah lagu, mengingat melodi musik, memiliki kepekaan akan irama, atau sekadar menikmati musik. Intinya, seseorang yang cerdas musik memiliki kemampuan untuk mengolah atau memanfaatkan sesuatu yang berkaitan dengan irama, nada dan suara termasuk suara-suara yang bersumber dari alam.

Kelebihan anak yang music smart adalah diharapkan kemampuannya dapat mengembangkan kepintarannya di bidang lain. Sejumlah penelitian telah membuktikan adanya keterkaitan antara musik dan berbagai kepintaran. Penelitian Prof. Martin Gardiner, ahli riset otak pada tahun 90-an di Inggris, membuktikan bahwa musik dapat membantu memperbagus kemampuan dasar membaca, menulis dan berhitung pada anak-anak. Bahkan anak-anak yang berkemampuan membaca di bawah rata-rata pun dapat mengejar ketinggalannya setelah diperkaya dengan pelajaran musik.

Apakah anak memiliki kepintaran musik atau music smart, berikut tandanya: 

1. Memiliki kepekaan terhadap suara, nada, dan irama

2. Terlihat menikmati saat bermain musik

3. Sangat menyukai mendengarkan lagu dan musik

4. Suka bersenandung atau bernyanyi

5. Saat bersedih, tampak langsung berbahagia kala mendengarkan lagu atau musik

6. Dapat menyebutkan dengan tepat kunci nada saat mendengar musik

7. Memiliki suara yang baik

8. Mampu mengingat syair dengan baik

Mam, kalau ingin tahu kepintaran apa yang menonjol pada si Kecil, manfaatkan alat ukur Smart Strength Finder yang akan ditemukan setelah mengisi registrasi Parenting Club. Jika registrasi berhasil,  Mam akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp50.000,-.