4 Fakta Seputar Luka Bekas Operasi Caesar yang Tidak Terduga

By Saeful Imam, Selasa, 1 Agustus 2017 | 03:00 WIB
Makin banyak ibu yang memamerkan luka bekas caesar-nya. (Dini Felicitas)

Nakita.id – Mau tidak mau proses melahirkan akan membawa efek apalagi para Ibu yang melahirkan dengan proses operasi caesar. Salah satu hal yang cukup ditakutkan banyak perempuan adalah luka bekas operasi caesar. Tak perlu khawatir akan hal ini sebab ada fakta tidak terduga dibaliknya.

Baca juga: Operasi Caesar 'Alami' Meningkatkan Ikatan dan Kemampuan Ibu Menyusui 

1. Bekas luka tidak besar

Tak perlu membayangkan bekas luka yang besar. Nyatanya, luka bekas operasi caesar sebesar 10 sampai 15 cm. Biasanya sayatan di buat secara horizontal tepat di bawah garis rambut kemaluan. Hal ini akan membantu Ibu tidak perlu merasa malu dengan luka bekas operasi caesar karena biasanya akan tersembuyi di balik otot ataupun kulit perut.

2. Bekas luka yang sama akan digunakan untuk kehamilan berikutnya

Kehamilan kedua dengan operasi caesar lagi? Jika memang keadaan yang memaksa hal tersebut Ibu tak perlu takut. Dokter biasanya akan menggunakan bekas luka yang sama saat kehamilan pertama. Hal ii ternyata dapat menurunkan risiko yang mungkin muncul selama terjadinya operasi caesar.

Baca juga: Ini Berbagai Pantangan Setelah Operasi Caesar 

3. Pijat akan membantu rasa sakit

Nyeri mungkin akan terasa di bekas luka operasi caesar. Dr. Douglas McGeorge, MBChB, salah satu ahli bedah plastik di New York mengungkapkan bekas luka akan berhenti terasa nyeri paling lama sekitar enam bulan. Rasa nyeri mungkin terjadi lebih lama bila terjadi kerusakan saraf yang cukup parah. Pijat akan membantu menghentikan rasa sakit yang berkelanjutan tadi.

Baca juga: 9 Mitos tentang Operasi Caesar yang Sebaiknya Diabaikan

4. Bisa melakukan aktivitas normal setelah enam minggu

Salah satu ketakutan lain yang mungkin terjadi saat operasi caesar adalah takut kalau tidak bisa melakukan aktivitas dnegan bebas. Ternyata, bekas luka pada dasarnya akan sembuh dalam kurun waktu enam minggu.

Menurut Dr. Rajiv B. Gala, MD, dari the American College of Obstetricians and Gynecologits, setelah enam minggu bekas luka operasi caesar sudah membaik dan bisa digunakan untuk aktivitas ringan.  Jika warnanya berubah jadi ungu kemerahan tak perlu khawatir sebab warnanya kelak akan berubah menjadi normal.