Catat! Penting Bagi Orangtua untuk Saling Memuji Pasangan di Depan Anak-anaknya

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 1 Agustus 2017 | 11:00 WIB
Pujian yang datang terutama dari pasangan apalagi dilakukan di depan anak memberi dukungan untuk menghadapi kesulitan dan tantangan menjadi orangtua. (Santi Hartono)

Nakita.id - Ilmu menjadi orangtua memang tidak mudah, karena kita akan semakin tahu dan belajar dari pengalaman sehari-hari, terutama setelah anak pertama lahir ke dunia.

Namun, menjadi orangtua bagi anak-anak bukan saja pekerjaan seorang ibu, melainkan dukungan dan kerja sama dari ayahnya pula.

Belajar bersama-sama dan mendukung pasangan masing-masing untuk bisa menjadi orangtua terbaik bagi anak-anaknya adalah penting.

Perlu dicatat bahwa setiap orangtua perlu memberikan contoh teladan yang baik bagi anak yang dimulai sejak dini.

Karena anak adalah peniru ulung, jangan sampai kedua orangtua yang sedang berselisih kemudian bertengkar di depan anak-anaknya. Sebaliknya, pujilah pasangan masing-masing ketika berada di depan anak-anak.

Baca juga : Pola Asuh Tepat Bantu Cerdaskan Anak

Mengapa? Dengan pujian yang dicontohkan orangtuanya, anak-anak juga mulai belajar untuk memuji orangtua, bahkan orang lain.

Anak dengan mudah untuk mengeluarkan pujian-pujian dan mengucapkan terima kasih atas tindakan baik yang dilakukan orang-orang terhadapnya.

Pujian dan penghargaan yang diucapkan untuk pasangan adalah segala hal yang dimulai dari hal-hal kecil hingga bisa berdampak pada hal-hal besar.

Ini menunjukkan kepada anak-anak bahwa ia mencintai dan menghormati kita, dan salah satu hal terbaik yang bisa diajarkan orangtua kepada anak-anak mereka adalah mencintai orangtua mereka dengan baik.

Ini juga menunjukkan bagaimana cara anak laki-laki memperlakukan perempuan dengan rasa saling menghormati dan kagum dalam segala hal serta menjadi orangtua yang mampu mengakui dan menghargai antar anggota keluarga.

Baca juga : Ini Pola Asuh Tepat Agar Anak Disiplin