Yuk Tiru 3 Cara Artis Mengasuh Anak yang Membuat Si Kecil Cerdas, Mandiri dan Sopan!

By Saeful Imam, Selasa, 1 Agustus 2017 | 08:00 WIB
Pola asuh artis yang perlu dicontoh (Saeful Imam)

Nakita.id – Mengasuh anak punya banyak tantangan namun menjadi pengalaman yang berharga sebagai kita orangtua. Para artis juga punya pengalaman menarik dan juga punya cara unik untuk mengasuh anak. Ada beberapa cara yang bisa kita tiru nih, Bu!

Baca juga: Ini Pola Asuh yang Membuat Anak Selalu Ceria

1. Mengajak anak sering ngobrol

Penyanyi sekaligus pemain film Bunga Citra Lestari nampaknya punya cara khusus untuk mengasuh anak semata wayangnya Noah Sinclair. BCL, begitu panggilannya mengaku bahwa ia sering mengajak putranya ngobrol. Ia membiarkan sang putra menceritakan apa pun yang sedang ia alami.

Selain dapat meningkatkan ikatan antara Ibu dan anak, banyak ngobrol dengan si kecil akan membuat anak mengenal banyak kata dan hal-hal baru. Anak juga akan banyak belajar bagaimana caranya yang tepat untuk berkomunikasi dengan orang lain di luar sana. Anak juga jadi belajar bagaimana cara menghargai lawan bicaranya.

Baca juga: Ini Pola Asuh Yang Bikin Anak Jadi Susah Bergaul 

2. Meluangkan waktu sebentar bersama anak setiap hari.

Mona Ratuliu yang sudah memiliki dua orang anak ini ternyata punya resep khusus bagaimana membangun keluarga yang harmonis dan bahagia, khususnya bagaimana mereka menjalin hubungan dengan anak-anak mereka. “Meskipun kita sibuk, saya selalu meluangkan waktu untuk ketemu anak-anak misalnya di malam hari atau pagi hari,” ujarnya seperti dilansir dari Tribunnews.com

Menurut  Harley A. Rotbart, M.D, seorang dokter pediatri sekaligus penulis buku dari New York mengungkapkan meluangkan waktu bersama anak biarpun sebentar jadi hal penting untuk diperhatikan. Menurut Harley, rasa bahagia anak yang tinggi ketika bertemu orangtua akan membantu tumbuh kembang si kecil.

Baca juga: Pola Asuh yang Malah Membuat Anak Lebih Berkuasa daripada Orangtuanya 

3. Tetap dekat dengan Ayah meski sibuk

Kesibukan Ayah sebaiknya tak menghalangi waktu berkualitas bersama si kecil. Hal ini yang ditanamkan oleh artis muda Alyssa Soebadono. Suaminya, Dude Herlino selalu meluangkan waktu bersama dengan anak semata wayangnya Rendra.

Peran Ayah dalam pengasuhan anak laki-laki memang penting. Ada banyak manfaat jika anak laki-laki dekat dengan Ayah. Si kecil akan banyak belajar lebih banyak soal gestur dan nada bicara karena sosok Ayah lebih ekspresif.

“Pada anak laki-laki misalnya, mereka jadi belajar bagaimana caranya berbicara penuh respek dan sopan pada lawan jenis. Hal ini dilihat dari bagaimana Ayah memerlakukan Ibu,” ujar psikolog Irma Gustiana Andriani, M.Psi,Psi dalam tabloid Nakita Edisi 860.