Ini Cara Cepat Untuk Mengetahui Apakah Si Kecil Punya Bakat Alergi

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 7 Agustus 2017 | 07:00 WIB
National Institute of Allergy and Infectious Diseases yang berpusat di AS memodali orangtua dengan sejumlah pertanyaan untuk menjawab kecenderungan anaknya alergi atau tidak. (Santi Hartono)

Nakita.id- Untuk mengetahui anak kita anak alergi atau bukan, bagi awam memang tidak mudah. Tapi kita bisa mengetahui dari gejalanya. Seperti, saat anak sedikit-sedikit pilek, pileknya hilang timbul secara cepat. Jika demikian adanya, ada kemungkinan anak kita termasuk anak alergi.

Baca juga: Mengenal Aneka Jenis Alergi Pada Anak

Lalu, bagaimana kita dapat mengetahui dengan cepat apakah si kecil menderita alergi? National Institute of Allergy and Infectious Diseases yang berpusat di AS memodali orangtua dengan sejumlah pertanyaan berikut untuk menjawabnya;

1. Apakah gejala yang ditunjukan anak seperti bersin-bersin, batuk, napas berat, gatal-gatal pada kulit, mata berair terus, tangannya kerap menyentuh hidungnya, sampai mengganggu tidurnya?

2. Apakah gejala-gejal tersebut  tersebut secara signifikan mengganggu aktivitas sehari-hari?

3. Apakah gejala-gejala tersebut secara signifikan menurunkan kualitas hidupnya?

4. Apakah gejala-gejala tersebut membuat aktivitas sehari-harinya terhambat?

Empat pertanyaan di atas mengarah ke alergi ringan yang sering kali kerap tidak diperhatikan oleh awam. Itu pun untuk dapat menjawabnya, kita perlu melakukan pengamatan pada anak. Pengamatan itu tidak bisa dilakukan dalam beberapa jam, tapi bisa satu atau dua minggu.

Baca juga: Ini Gejala Alergi Yang Pasti Terjadi Pada Anak

Satu hal yang perlu kita catat, studi telah menunjukkan jika salah satu orangtua menderita alergi, maka anaknya pun memiliki kemungkinan 25% terkena alergi. Jika kedua orangtua memiliki alergi, maka kemungkinannya 75% anak-anaknya akan alergi.

Maka dari itu jika salah satu atau kedua orangtua memiliki alergi, lebih waspada terhadap kemungkinan  munculnya  alergi pada anak. (*)