Penting! Ini Alasan Kuat Mengapa Perempuan Sulit Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 3 Agustus 2017 | 04:00 WIB
Kenali gejalanya dan segera periksakan ke dokter. Usia harapan hidup terbilang tinggi pada stadium dini. (Julie Erikania)

Nakita.id - Bagi Ibu yang telah berkeluarga tetapi masih belum diberikan keturunan harap tidak merasa putus asa dan stres. Mungkin kehamilan yang belum kunjung datang bisa disebabkan oleh beberapa hal yang tidak disadari.

Menurut data, persentase perempuan yang mengalami masalah kesuburan semakin meningkat. Ini juga berlaku untuk laki-laki. Jumlah sperma pada laki-laki saat ini jauh lebih sedikit dibandingkan laki-laki generasi sebelumnya, ungkap sebuah penelitian.

Agar lebih mendalam, simak alasan mengapa perempuan saat ini sulit untuk hamil. Berikut adalah beberapa masalah umum yang menyebabkan kehamilan pada banyak perempuan menjadi tertunda.

Serviks

Serviks bertindak seperti sela antara rahim dan vagina. Setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan, sperma perlu mencapai rahim melalui serviks. Jadi, jika ada masalah di serviks, pemupukan telur mungkin memerlukan usaha lebih keras.

(Baca juga : Ini Penyebab Ibu Sulit Hamil Anak Kedua)

Keseimbangan pH

Lingkungan vagina perlu ’menguntungkan’ bagi pemupukan telur. Tingkat pH yang rendah atau tinggi mungkin terbukti kontra produktif untuk fertilisasi telur.

Adanya Kerusakan

Fibroid uterus, jaringan parut, infeksi, masalah tabung fallopi, endometriosis, polip dan kondisi medis tertentu lainnya dapat menyebabkan masalah reproduksi. Setiap kondisi yang menghambat pergerakan sel sperma hingga telur bisa menunda kehamilan. Kondisi apapun yang memperlambat pergerakan sel telur ke rahim bisa menyebabkan masalah kehamilan.

PCOS

Bahkan sindrom ovarium polikistik ini bisa mengganggu proses ovulasi dan bisa menunda kehamilan. PCOS atau polycystic ovary syndrome merupakan kondisi di mana fungsi ovarium perempuan yang berada di usia subur mengalami gangguan. Kondisi ini menyebabkan hormon perempuan yang menderita PCOS menjadi tidak seimbang karena hal-hal yang tidak diketahui.