Faktor Keluarga dan Lingkungan, Penyebab Anak Usia Dua Tahun Belum Bisa Berjalan

By Saeful Imam, Kamis, 3 Agustus 2017 | 06:30 WIB
Kenali penyebab anak belum bisa berjalan (Saeful Imam)

Nakita.id – Tumbuh kembang anak pastinya selalu dipantau agar memastikan tumbuhnya secara normal. Namun, ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi ketika anak belum bisa berjalan. Penyebabnya bisa datang dari keluarga dan lingkungan lo, Bu!

Gay Girolami, seorang terapis fisik di Illinois, Amerika Serikat, mengungkapkan faktor keluarga dan lingkungan jadi penyebab yang paling mendominasi ketika anak belum bisa berjalan. “Orangtua mungkin sibuk sehingga kurang adanya waktu untuk anak melatih fisiknya,” ujarnya.

Baca juga: Satu Tahun Kok Belum Bisa Jalan

Selain keluarga, faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kebiasaan orangtua yang tidak membiarkan anak bergerak sendiri. “Kebanyakan anak ingin mencoba berjalan tetapi justru di bawa kemana-mana dengan gendongan atau stroller,” tambahnya. Melarang anak justru membuatnya tidak terbiasa melatih koordinasi kaki agar bisa berjalan.

Baca juga: Terlalu Sering Digendong Bikin Anak Terlambat Jalan

Padahal stimulus sangat dibutuhkan untuk melatih ketengangan otot rendah dan otot tinggi. Jika ketegangan otot terlalu rendah, maka anak akan sulit memperoleh keseimbangan. Sebaliknya ketika memiliki ketegangan otot terlalu tinggi, ia akan memiliki anggota badan yang kaku dan juga susah seimbang. Masalah pinggul juga muncul ketika anak terlamnat berjalan.

Lalu apa yang perlu Ibu lakukan untuk mengatasi anak yang belum bisa berjalan? Menurut Girolami, salah satu faktor kesuksesan anak bisa berjalan adalah dengan terus melatih otot. Salah satu otot yang penting untuk dilatih adalah otot kaki serta otot panggulnya.

Baca juga: Anakku Kok Belum Bisa Berjalan 

Stimulasi tepat misalnya mengajak bayi berdiri kemudian berjalan perlahan bisa jadi cara mudah untuk anak yang belum bisa berjalan. American Academy of Pediatrics juga tak merekomendasikan orangtua untuk menggunakan alat bantu seperti baby walker agar bayi berjalan. Hal ini pada dasarkan tidak membantu bayi untuk melatih otot yang dibutuhkan agar dapat berjalan.