Agar Hewan Peliharaan Jinak dan Tidak Berbahaya, Lakukan 9 Tip Aman Ini!

By Saeful Imam, Senin, 7 Agustus 2017 | 03:00 WIB
Yang Harus Mama Perhatikan Saat Membawa Anak Ke Kebun Binatang (Gisela Niken)

Nakita.id - Memutuskan untuk segera memelihara hewan di rumah jangan dianggap mudah. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan matang-matang disertai dengan situasi-kondisi mendukung, terlebih jika kita memiliki bayi atau anak balita.

Jangan membiarkan anak bermain dengan hewan peliharaan tanpa pengawasan kita orangtuanya, walaupun ternyata hewan tersebut sudah tampak jinak dan menggemaskan. Selain dampak penyakit hewan yang ditularkan secara kasat mata, serangan dari hewan yang agresif dan insting ‘buas’ juga perlu dicegah agar tak membahayakan anggota keluarga.

Berikut 9 tip aman memelihara hewan peliharaan di rumah:

1. BERIKAN CINTA DAN KASIH SAYANG TULUS

Inilah yang paling penting. Mungkin kita pun tahu bahwa hewan peliharaan membutuhkan banyak dukungan dan perhatian dalam hal penanganan juga perawatannya. Dan percayalah, setiap hewan memiliki cara tersendiri untuk menunjukkan bahwa ia mencintai kita dan juga anggota keluarga.

Namun, tidak hanya cinta, semua hewan peliharaan membutuhkan sedikit latihan disiplin. Disiplin penting sebagai antisipasi dini agar mereka tidak akan menggigit / mencakar / menyerang pada siapapun atau hewan kesayangan lainnya.

(Baca juga : Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan Untuk Anak)

2. ALERGI

Hewan peliharaan juga memiliki alergi dan penting untuk segera mengetahui gejala alergi tersebut agar ia pun tetap merasa nyaman dan sehat, sehingga risiko menyerang atau agresif sangat kecil. Cobalah memberi semua jenis makanan untuk hewan peliharaan sesuai yang diresepkan oleh dokter hewan.

Kemudian, pastikan hewan peliharaan memakannya tanpa mengakibatkan reaksi alergi tambahan. Jika hewan peliharaan menunjukkan gejala-gejala reaksi dan infeksi karena makanan tersebut, segera hentikan pemberiannya.

3. JAUHKAN DARI BAKTERI DAN LINGKUNGAN YANG KOTOR

Lingkungan yang higienis adalah lingkungan bebas bakteri. Setiap hewan peliharaan rentan terhadap bakteri dan pestisida karena mereka selalu berada di dalam kandang atau di lantai. Dianjurkan agar Ibu menggunakan pembersih khusus saat hendak membersihkan rumah, karena hewan peliharaan mungkin tidak mampu menunjukkan reaksi baik terhadap pembersih lainnya.