9 Langkah Mudah Membersihkan Vagina Saat Sedang Menstruasi Menurut Dokter Ryan Thamrin

By Saeful Imam, Selasa, 8 Agustus 2017 | 02:00 WIB
Manfaat Menstruasi yang Mama Perlu Tahu (Ipoel )

Nakita.id - Saat menstruasi, kebersihan dan kesehatan vagina harus menjadi fokus utama setiap perempuan agar tidak timbul infeksi yang tidak diharapkan. Menjelang  atau pada saat menstruasi, sebagian besar perempuan akan secara normal mengalami keputihan.

Keputihan yang keluar beberapa hari menjelang menstruasi akan dilanjutkan dengan keluarnya darah menstruasi. Inilah yang menyebabkan kondisi kelembapan daerah vagina menjadi terganggu.

Menurut dr. Ryan Thamrin, kondisi ini akan bertambah parah jika perempuan tidak memperhatikan kebersihan daerah vagina dengan baik sehingga akan muncul beragam keluhan seperti bau yang tidak sedap dan rasa gatal mengganggu.

(Baca juga : 5 Tanda Tidak Normal pada Menstruasi yang Perlu Diwaspadai)

Karena begitu penting dan intim, ada 9 langkah mudah bagi Ibu dalam membersihkan vagina saat menstruasi menurut dr. Ryan Thamrin.

1. Secara teratur membasuh bagian vulva (bibir vagina) dengan menggunakan air bersih setiap habis buang air kecil, buang air besar, ketika mandi, dan saat menganti pembalut atau pantyliner.

2. Saat membasuh vagina, lakukan dengan cara membasuh dari arah depan (vagina) ke arah belakang (anus), jangan terbalik.

3. Setelah membasuh, sebelum menggunakan celana, keringkan dulu dengan menggunakan handuk atau tisu yang tidak memilki harum.

4. Gantilah segera pembalut atau pantyliner jika sudah merasakan tidak nyaman atau lembap, terutama di saat darah menstruasi sedang banyak-banyaknya (biasanya pada hari ke 1-3 menstruasi) .

Jika frekuensi mengganti pembalut terlalu lama dan darah menstruasi lagi banyak-banyaknya, maka “tampungan” darah di dalam pembalut akan menjadi sumber penyakit (bakteri) dan meningkatkan suasana “lembap” di daerah vagina yang akhirnya timbul rasa gatal di saat menstruasi.

(Baca juga : 5 Fakta Mengejutkan Seputar Menstruasi)

5.  Pilihlah jenis pembalut atau pantyliner yang menurut kamu nyaman dan tidak menimbulkan iritasi pada daerah kulit sekitar vagina.