Ibu Hamil Jatuh? Waspada 5 Tanda Bahaya yang Bisa Mengancam Janin

By Saeful Imam, Selasa, 8 Agustus 2017 | 06:30 WIB
Ibu hamil jatuh? Waspadai hal hal yang jadi tanda bahaya (Saeful Imam)

Nakita.id – Ibu hamil yang sering mengalami ketidakseimbangan karena perut yang semakin membesar akan membuat Ibu jadi mudah jatuh. Apakah Ibu perlu khawatir ketika Ibu hamil jatuh? Sebenarnya, Ibu tak perlu khawatir karena pada dasarnya tubuh sudah memiliki perlindungan alami untuk tubuh dan juga janin.

Baca juga: Jatuh Sakit Saat Hamil? Lakukan Ini Agar Tidak Berdampak pada Janin 

Namun, ada pula beberapa keadaan yang perlu Ibu waspadai saat terjatuh. Roger W Harms, MD, seorang dokter obgin dari Rochester, Minnesota mengungkapkan lima tanda bahaya saat Ibu hamil jatuh yang bisa mengancam janin. Tanda-tanda tersebut antara lain:

1.Menyebabkan rasa sakit, pendarahan atau menyerang langsung ke perut

2.Mengalami pendarahan pada vagina atau cairan ketuban yang rembes

3.Merasa nyeri di bagian perut, rahim atau panggul

4.Mengalami kontraksi rahim

5.Adanya penurunan gerakan janin.

Baca juga: Bersepeda Tidak Disarankan untuk Ibu Hamil dengan Kondisi Ini

Ibu yang mengalami tanda-tanda di atas sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk pemeriksaan medis lebih lanjut. Selain tanda-tanda di atas, Ibu hamil dengan usia 30an tahun ke atas juga perlu waspada ketika mengalami cedera. Pada usia ini, Ibu lebih rentan mengalami berbagai gangguan dan lebih berisiko memiliki masalah

Selain itu, perhatikan pula posisi saat terjatuh. Ibu tak perlu khawatir jika posisi jatuh  bukanlah denga posisi perut atau wajah di bagian bawah. Perhatikan juga permukaan saat Ibu hamil jatuh apakah keras atau lembut. Permukaan keras sangat berpotensi menimbulkan cedera serius.

Efek dari Ibu hamil jatuh juga tergantung pada usia kehamilan. Faktor risiko semakin meningkat pada trimester lanjut. Janin yang sudah lebih dekat dengan permukaan kulit dan sudah semakin besar membuatnya rentan mengalami masalah ketika Ibu hamil jatuh.