Anak Sekarang Berbeda dengan Dulu, Ini Cara Mudah Memahami Mereka

By Saeful Imam, Senin, 14 Agustus 2017 | 07:30 WIB
Pahami kesalahan Ibu yang membuat anak jadi merasa lebih berkuasa. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Seiring dengan berjalannya waktu ke waktu, perilaku anak-anak masa kini sudah cukup berbeda dengan zaman dulu. Mungkin, beberapa orangtua sudah mulai mengeluhkan perilaku anak-anak mereka yang dinilai negatif seperti susah diatur, tidak disiplin, hingga tak mau memikirkan orang lain.

Keluhan itu punya beberapa makna. Pertama, orangtua tak kuasa berpikir lebih jauh untuk memahami anak-anaknya. Perubahan drastis perilaku anak-anak zaman sekarang pun menjadi persoalan yang menimbulkan tanda tanya besar, ada apa dengan zaman kini?

Makna kedua yaitu, menghindar dari tanggung jawab. Anak-anak yang sulit diatur atau perilaku negatif lainnya disebabkan karena orangtuanya yang tidak bisa mengatur atau mengendalikan anak-anaknya secara benar.

(Baca juga : Keterampilan Anak yang Diasuh di Daycare Lebih Tinggi)

Dan ketiga, orangtua merasa lebih baik. Kita adalah generasi yang lebih baik. Kita menganut nilai-nilai baik, mempraktikkan perilaku baik. Kita kecewa pada anak-anak yang tidak berperilaku seperti kita dulu.

Mengapa anak-anak sekarang berbeda dengan kita saat masih seusia mereka? Pengetahuan manusia berkembang, begitu pula dengan teknologi. Kondisi ekonomi pun juga berubah. Inilah alasan mengapa perilaku manusia berubah.

Kita hidup di lingkungan yang berbeda saat usia belia, berbeda dengan habitat anak-anak kita sekarang. Kita dulu baca buku, koran, dan majalah, mereka kini baca internet. Kita dulu, satu rumah belum tentu punya telepon. Anak-anak sekarang bahkan punya telepon sendiri.

(Baca juga : Jadi Teladan Agar Anak Tumbuh Jadi Anak Cerdas dan Sukses)

Tentu saja pengetahuan, informasi yang dimiliki anak-anak kita berbeda dengan kita saat seusia mereka. Demikian pula cara kita berkomunikasi.

Tak ada yang salah dengan anak-anak kita yang berbeda. Tata cara hidup boleh berubah. Tapi ada yang tak boleh berubah, yaitu nilai-nilai fundamental.

Ketimbang mengeluhkan perbedaan, lebih penting bagi orangtua untuk memahami anak-anaknya. Bagaimana pola anak-anak sekarang dalam menggali informasi. Apa efek media pada mereka. Bagaimana pola pergaulan antar mereka. Apa kosa kata yang mereka gunakan. Juga musik apa yang mereka nikmati.

(Baca juga : 6 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Orangtua Milenial)

Kita bisa menikmati zaman yang dinikmati anak-anak kita, memahami mereka, dan terus melakukan komunikasi yang sehat dengan mereka.

(Artikel ini sudah ditayangkan di Intisari.id dengan judul: Beginilah Cara Memahami Anak Zaman Sekarang)