Begini Cara Chelsea Olivia Agar Si Kecil Tidur Nyenyak dan Lama, Bisa Ditiru Nih!

By Saeful Imam, Senin, 14 Agustus 2017 | 23:00 WIB
Cara agar anak tidur nyenyak dan lama yang mudah dilakukan (Saeful Imam)

Nakita.id – Membuat si kecil tidur nyenyak dan lama nampaknya susah sekali ya rasanya, Bu. Apalagi pada anak di usia satu hingga dua tahun yang sedang aktif-aktifnya! Hal ini pula yang dirasakan oleh artis muda Chelsea Olivia.

Namun, Mama Chelsea punya cara khusus untuk menidurkan putri semata wayangnya, Nastusha Olivia Alinskie. Dalam akun instagramnya, Mama Chelsea berbagi cara yang ia lakukan. Ternyata caranya cukup sederhana lo. Ia hanya menaruh baju miliknya di dekat Nastusha yang tertidur.

Cara ini ampuh karena selama ini si kecil cenderung terbangun ketika dirinya pergi atau tidak berada di sampingnya. Alhasil cara Chelsea ini membuat Nastusha tertidur nyenyak selama 2,5 jam. Wah, cara sederhana ala Mama Chelsea ini bisa ditiru agar anak bisa tidur nyenyak dan lama.

Baca juga: Kenali Siklus Tidur-Bangun Bayi Baru Lahir 

Memang membuat bayi nyaman adalah salah satu kunci agar bayi tidur nyenyak dan lama. Cara Mama Chelsea menaruh pakaian dekat anak yang sedang tertidur membuatnya seakan-akan berada dalam dekapan Mama. Selain itu, ada cara lain agar membuatnya nyaman misalnya suhu ruangan yang sesuai serta penerangan kamar yang diatur sedemikian rupa.

Jangan lupa untuk mengenalkan pada anak perbedaan antara siang dan malam. Saat siang hari misalnya, Mama perlu memberikan sedikit lebih banyak stimulus dibanding malam hari. Hal ini akan membuat si kecil paham bahwa kapan saatnya ia bisa terbangun dan kapan ia perlu tidur.

Baca juga; Tip untuk Membantu Bayi Tidur Telentang Sepanjang Malam 

Rutinitas sebelum tidur juga penting agar ia mengenal kapan waktu ia harus tidur. Rutinitas yang umum dilakukan misalnya mengganti pakaian tidur atau mendengar lagu-lagu pengantar tidur yang membuat si kecil mengenali waktu tidur. Kebiasaan ini perlu dilakukan secara konsisten.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menghindari kebiasaan memberinya ASI atau susu sebelum tidur. Hal ini membuat si kecil tak mengenali rasa mengantuknya, ia jadi terbiasa bahwa akan tidur jika diberi ASI atau susu.

Baca juga: Pola Tidur Bayi dari Lahir Sampai Usia 3 Bulan 

Ibu perlu membiarkan bayi sesekali tidur dengan sendirinya. Membutuhkan waktu dan latihan konsisten agar bayi bisa tidur sendiri dengan mengenali rasa kantuknya. Cara ini bisa membantu bayi agar tidur nyenyak dan panjang.